Selasa, 28 April 2015

Cloud Computing


Pada post kali ini saya akan membahas Pengertian, manfaat dan contoh dari sistem Cloud Computing.

Sebenarnya apasih cloud computing itu?

Cloud = Awan
Computing = komputer

Komputer Awan? ya, kebanyakan orang masih menggunakan kalimat itu untuk menyebut Cloud Computing.

Mungkin masih banyak orang yang belum mengetahui, apa sih cloud computing itu?
tetapi secara tidak sadar mereka selama ini menggunakannya.
Contoh sederhananya adalah saat kita menyimpan foto di album Facebook, Mengupload File di Arsip Email dan sebagainuya.. 

Secara istilah Cloud Computing adalah teknologi yang menggunakan internet dan remote server pusat untuk menjaga data dan aplikasi. Cloud computing memungkinkan konsumen dan bisnis untuk menggunakan aplikasi tanpa instalasi dan akses file pribadi mereka di setiap komputer dengan akses internet. Teknologi ini memungkinkan komputasi yang jauh lebih efisien dengan memusatkan penyimpanan, memori, pengolahan dan bandwidth.

dan

Cloud Computing merupakan kumpulan dari beberapa resources yang terintegrasi menjadi satu dan digunakan melalui web. Sebenarnya, cloud computing ini didasarkan pada teknologi grid computing yang membuat skalabilitas suatu sistem komputasi menjadi sangat besar dengan cara menggabungkan beberapa sumber daya komputer menjadi satu resource. Sehingga tidak salah jika ada orang yang mengatakan cloud computing adalah grid computing yang digabungkan dengan virtualisasi.

sederhananya .. Cloud computing adalah teknologi penyimpanan yang dikembangkan oleh beberapa perusahaan/Pribadi yang bertujuan untuk mempermudah mengelola file dalam 1 tempat penyimpanan saja. 

contoh sederhana jika kita memiliki satu file yang setiap hari kita gunakan untuk bekerja, secara otomatis file tersebut akan selalu mengalami perubahan.
saya memiliki 3 device diantaranya :
1. komputer kantor
2. Laptop Rumah
3. Smartphone

dari ketiga device tersebut saya sering untuk melakukan perubahan terhadap file yang dimaksud. nah sebelum adanya teknologi cloud, saya harus mengcopy file tersebut kesemua device dengan flashdisk atau melalui Bluetooth, dan saat saa melakukan perubahan atau pengeditan berkas saya juga harus mengcopy kembali file tersebut kesemua device agar sewaktu waktu saya memerlukan datanya, data itu bisa saya buka kembali dalam keadaan terakhir kali update.
hal itu melelahkan, karena saya harus repot mengcopy dan memperbaharui ke setiap perangkat.


dengan adanya cloud, saya hanya mengupload file tersebut ke media penyimpanan awan, kemudaian saya dapat langsung mengaksesnya dari ketiga device tersebut menggunakan jaringan internet.

Manfaat Cloud Computing 


1.    Semua Data Tersimpan di Server Secara Terpusat
Salah satu keunggulan teknologi cloud adalah memungkinkan pengguna untuk menyimpan data secara terpusat di satu server berdasarkan layanan yang disediakan oleh penyedia layanan Cloud Computing itu sendiri. Selain itu, pengguna juga tak perlu repot repot lagi menyediakan infrastruktur seperti data center, media penyimpanan/storage dll karena semua telah tersedia secara virtual.

2.    Keamanan Data
Keamanan data pengguna dapat disimpan dengan aman lewat server yang disediakan oleh penyedia layanan Cloud Computing seperti jaminan platform teknologi, jaminan ISO, data pribadi, dll.

3.    Fleksibilitas dan Skalabilitas yang Tinggi
Teknologi Cloud menawarkan fleksibilitas dengan kemudahan data akses, kapan dan dimanapun kita berada dengan catatan bahwa pengguna (user) terkoneksi dengan internet. Selain itu, pengguna dapat dengan mudah meningkatkan atau mengurangi kapasitas penyimpanan data tanpa perlu membeli peralatan tambahan seperti hardisk. Bahkan salah satu praktisi IT kenamaan dunia, mendiang Steve Jobs mengatakan bahwa membeli memori fisik untuk menyimpan data seperti hardisk merupakan hal yang percuma jika kita dapat menyimpan nya secara virtual/melalui internet.


Beberapa Contoh Cloud Computing 


  1. Microsoft OneDrive
  2. Microsoft Office 365
  3. Google Drive
  4. i Cloud
  5. DropBox
  6. I Box
  7. Mi - Cloud
Demikianlah pemahaman singkat mengenai Cloud Computing dari saya, jika ada yang kurang dimengerti bisa ditanyakan pada kolom komentar, Terimakasih

Anggi Yulianto

Sumber :

http://kartikanovia.blogspot.com/2011/05/apa-itu-computingcloud-computing-dan.html
http://danupermadi.blogspot.com/2013/11/pengertian-cloud-computing-sejarah-dan_19.html
http://pusatteknologi.com/pengertian-manfaat-cara-kerja-dan-contoh-cloud-computing.html


NPM              : 50411893

Nama            : Anggi Yulianto

Kelas             : 4IA25



0 Komentar Cloud Computing

Posting Komentar

Back To Top