Selasa, 28 April 2015

Apasih komputasi?

Selamat siang, . mohon maaf saya tidak sering aktif menulis lagi hehe
ini pun saya menulis karena memang ada tugas kuliah. hehe

hari ini saya akan menulis sedikit tentang pemahaman yang saya dapatkan dari internet tentang komputasi dan komputasi moderen.  karena topik yang saya akan tulis ini adalah tugas yang memang harus saya selesaikan..hehe

"Komputasi adalah sebuah istilah umum untuk segala jenis pemrosesan informasi untuk menemukan pemecahan masalah dari data input dengan menggunakan suatu algoritma. Komputasi merupakan sebuah subjek dari Komputer Sains, yang menganalisa apa yang bisa maupun tidak bisa dilakukan secara komputasi. Hal ini ialah apa yang disebut dengan teori komputasi, suatu sub-bidang dari ilmu komputer dan matematika."

dari kutipan diatas bisa kita lihat , pada awalnya komputasi diciptakan untuk menemukan pemecahan masalah dari data yang diinput menggunakan algoritma secara terus menerus.



ada yang pernah nontonfilm "the Imitation Game"? 
kenapa harus film the imitation game? "ya mungkin banyak film yang membahas tentang komputasi, tapi yang saya tahu cuma film ini aja..haha"

di film tersebut diceritakan tentang alan turing (dan teman - temannya) yang berhasil menciptakan sebuah mesin yang dapat memecah kode tak bermakna (surat yang di enkripsi) yang di hasilkan oleh alat peng-enkripsi text bernama "enigma" menjadi sebuah bahasa yang utuh dan dapat dimengerti manusia.

kenapa sih alan turing harus buat alat seperti itu?
ya satu tujuannya, "untuk mempermudah pekerjaannya"
bisa dibayangkan jika tidak ada mesin itu, alan dan teman temannya harus menterjemahkan secara manual satu persatu "surat tak bermakna" tersebut hingga menjadi surat yang bisa dibaca manusia.
dan parahnya lagi jika pada pukul 00.00 surat tidak bisa diterjemahkan, maka algoritma pengenkripsian enigma akan dirubah kembali. dan turing harus menerjemahkan terus menerus seperti itu .

Pengertian Komputasi Modern

Komputasi modern bisa disebut sebuah konsep sistem yang menerima intruksi-intruksi dan menyimpannya dalam sebuah memory, memory disini bisa juga dari memory komputer. Oleh karena pada saat ini kita melakukan komputasi menggunakan komputer maka bisa dibilang komputer merupakan sebuah komputasi modern. Konsep ini pertama kali digagasi oleh John Von Neumann (1903-1957). Dalam kerjanya komputasi modern menghitung dan mencari solusi dari masalah yang ada, dan perhitungan yang dilakukan itu meliputi:

1.    Akurasi
2.    Kecepatan
3.    ProblemVolume Besar
4.    Modelling
5.    Kompleksitas
Sejarah Komputasi Modern

Dalam perkembangan komputasi modern, kita tidak bisa melupakan begitu saja orang dibalik perkembangan komputasi modern yang merubah semua pekerjaan jadi lebih mudah. Sejarah komputasi dimulai dari seseorang ilmuan yang ternama di bidang teknologi. Permulaan komputasi modern dimulai pada saat tahun 1926 oleh ilmuan yang berasal dari hungaria yang bernama John Von Neumann.
John Von Neumann

 Arsitektur Von Nuemann adalah komputer dengan program yang tersimpan (program dan data disimpan pada memori) dengan pengendali pusat, I/O, dan memori. berdasarkan beberapa definisi di atas, maka komputasi modern dapat diartikan sebagai suatu pemecahan masalah berdasarkan suatu inputan dengan menggunakan algoritma dimana penerapannya menggunakan berbagai teknologi yang telah berkembang seperti komputer

sebagai contoh yang lain adalah :

Numerical Analysis (Analisa Numerik) – Mempelajari algoritma untuk masalah continuous mathematics (berbeda dengan matematika diskrit).

Computational Physics (Fisika) – Mempelajari implementasi algoritma numerik untuk memecahkan permasalahan teori kuantitatif fisika yang sudah ada. Sering dianggap sebagai cabang menengah diantara fisika teoritis dan fisika eksperimental.

Computational Chemistry (Kimia) – Merupakan salah satu cabang kimia yang menggunakan ilmu komputer untuk membantu menyelesaikan masalah kimia. Hal yang dipaparkan dari dari teori kimia digabungkan dengan program komputer yang handal untuk menghitung struktur dan sifat molekul.
Bioinformatics (Biologi) – Merupakan sebuah aplikasi dari teknologi informasi dan ilmu komputer terhadap bidang biologi molekuler.

Computational Neuroscience (Jaringan Saraf) – Mempelajari fungsi otak dalam memproses informasi yang membentuk sistem jaringan saraf. Merupakan bidang yang berada diantara neuroscience, ilmu kognitif dan psikologi dengan teknik elektro, ilmu komputer, matematika dan fisika.

Cognitive Science (Ilmu Kognitif) – Sebuah cabang ilmu menengah yang mempelajari bagaimana informasi dibentuk dan digambarkan oleh otak.

Computational Sociology (Sosiologil) – Sebuah cabang ilsu sosiologi yang menggunakan metode komputasi intensif untuk menganalisa fenomena sosial.

Computational Economics (Ekonomi) – Mempelajari titik pertemuan antara ekonomi dan komputasi. Area yang tercakup antara lain agent-based computational modeling, computational econometrics dan statistika, komputasi keuangan, computational modeling of dynamic macroeconomic systems, pemrograman yang didesain khusus untuk komputasi ekonomi, dan pengembangan alat bantu dalam pendidikan komputasi ekonomi.

Sekian Yang dapat saya Tulis dan saya share. semoga bermanfaat :)

Sumber :
https://vanish73.wordpress.com/2010/02/18/komputasi/#more-43
https://dwijati.wordpress.com/komputasi-modern/
http://www.beritanet.com/Education/John-Von-Neumann.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi_komputasi
http://id.wikipedia.org/wiki/Komputasi

NPM              : 50411893

Nama            : Anggi Yulianto

Kelas             : 4IA25


2 Komentar Apasih komputasi?

  1. kereeen bang asleb, pembahasannya bisa dikaitkan dari tugas kuliah ke film imitation game... ^^

    BalasHapus

Back To Top