Kamis, 07 Agustus 2014

Samsung dan Apple Meledak, kalau Sony?

Kemarin seperti biasa saya membuka akun Facebook saya, dan di beranda ada hal menarik yang mungkin bagus untuk ditulis kembali :D
dikutip dari Merdeka.com di link http://www.merdeka.com/teknologi/alasan-kenapa-produk-sony-seri-xperia-lebih-aman-dari-lainnya.html

Di beberapa tahun belakangan ini sedang maraknya bermunculan Gadget-Gadget terbaru, baik itu Laptop, Smartphone bhkan wearable gadget, dengan kebutuhan dan peermintaan yang tinggi para vendor berlomba-lomba untuk menciptakan dan menghasilkan produk terbaik di kelasnya.

Hal ini pun membuat para vendor juga harus pintar - pintar agar produk yang dihasilkan dapat memberi kenyamanan dan keamanan saat digunakan. Belakangan ini sering kali muncul pemberitaan bahwa produk dari Samsung dan apple terbakar bahkan hampir melukai penggunanya.


dari situs liputan6.com yang saya masukkan kata kunci #ponsel meledak, dan hasilnya cukup banyak kurang lebih 10 kasus smartphone meledak dan kebanyakan smartphone tersebut adalah produk Samsung dan Apple.
jika ingin melihat semua hasil pencarian yang saya lakukan, silahkan kunjungi link :
http://www.liputan6.com/tag/ponsel-meledak
atau
http://www.merdeka.com/teknologi/8-kejadian-smartphone-meledak-yang-mencelakai-pemiliknya.html

dari sekian banyak kasus dan berita yang ada tentang meledaknya smartphone, Namun ternyata, permasalahan tersebut sudah dipikirkan jauh-jauh hari oleh Sony.

Apabila Anda suka membongkar atau juga selalu penasaran ingin melihat-lihat bagian dalam sebuah perangkat mobile, tentunya ketika sedang membongkar Sony Xperia Z2 atau juga beberapa model dari smartphone Xperia lainnya, Anda akan menemukan rangkaian pipa unik tersemat di dalam bodynya.

Sebenarnya kalau saya punya smartphone Xperia Z2 juga bakal mikir ribuan kali buat membongkarnya, apalagi tujuan membongkarnya cuma ingin melihat pipa unik tersebut :v , tapi itu saya gatau deh kalau temen saya si Riyadi (gepeng) yang udah punya Z2 baru :p. ayo peng mau dibongkar ga z2 nya? :p

Dikutip dari Weand (31/03), pipa yang tersemat tersebut adalah pipa pendingin atau dalam bahasa Inggris disebut dengan thermal heat pipe cooling.




Pipa seperti ini mirip dengan apa yang sering digunakan di dalam sebuah komputer. Jadinya, pihak Sony sudah memahami apabila suatu prosesor dan chip yang digunakan semakin besar dan berkecepatan tinggi, tentunya panas yang dikeluarkan juga akan berlebih.

Oleh karenanya, dibutuhkan pendingin untuk mengatasi permasalahan panas pada perangkat tersebut. Walaupun menjadi suatu hal yang sangat penting, namun dalam setiap kali promosi produknya, Sony tidak menyebutkan hal tersebut dan membiarkannya menjadi satu bonus rahasia untuk pengguna produknya.

sekilas mengomentari pernyataan diatas, memang menurut saya banyak sekali inovasi yang dimiliki Sony, tapi hampir semua inovasi Sony tidak menggemborkannya. mungkin menurut dia adalah itu hal yang sangat biasa. contoh sepele yang saya lihat dulu waktu salah satu produk mengeluarkan fitur editing video, dan fitur itu di klaim canggih, wow.. mungkin bagi orang awam sangat canggih, karena kita bisa mengedit video langsung dr smartphone. tapi jika kita lihat jauh kebelakang sebelum munculnya banyak Smartphone, SonyEricsson sudah lebih dahulu menyisipkan fitur editing video di ponsel Cybershoot nya, dan fitur itu dikembangkan terakhir kali di handphone Satio , itu hanya dari segi fitur Kamera, belum Musik dan multimedia lannya :)

Sebetulnya meledaknya Smartphone itu terjadi karena 2 hal
1. Human Erorr
kesalahan yang dilakukan oleh penggunanya, contoh memakai Batre atau charger yang tidak Original, memakai handphone di tempat yang tidak diharuskan, Over Charging, dan yang lainnya.
Masih memakai batre yang sudah kembung, (saya tidak akan membahas masalah batre disini, Insyaallah saya akan membahat batre di tulisan berkutnya)

2. Cacat Produksi
hal ini biasa terjadi karena kurangnya pengawasan dari pihak vendor tentang kualitas atau ketahanan produknya sehingga produk yang dihasilkan cacat. dan untuk kasus ini bukan hanya Samsung dan Apple saja Sony juga pernah, bahkan saya kira semua merk pernah melakukannya.
bahkan Sony pernah menarik ribuan produk Vaio Flipyang sudah ada dipasaran dan menggantinya dengan yang baru karena alasan produknya berpotensi meledak, itu dari pihak sony langsung yang mengumumkan bahwa produknya cacat produksi.

dari hal ini konsumen harus lebih pintar  menggunakan Smartphone yang dimilikinya, karena jika tidak bukan tidak mungkin kita sendiri yang menjadi korban atau bahkan orang lain.

Mohon maaf jika ada kesalahan dalam ucapan atau tulisan, saya hanya menyampaikan apa yang saya fikirkan saat saya menulis ini. terimakasih :)

"Plagiator bisa menjadi pemenang, Tapi Inovator adalah pemenang yang sesungguhnya".

"Seseorang bisa mengklaim suatu Inovasi yang sudah tercipta, tapi Inovasi sebenarnya adalah apa yang ada di dalam dirikita"


Anggi

1 Response to Samsung dan Apple Meledak, kalau Sony?

Back To Top