Selasa, 05 Agustus 2014

Bus City Tour Jakarta, Coba yuk..

Dari kecil sampai sekarang, gw emang suka sama film-film action, apalagi kalo nonton bareng bokap. wah pasti deh ga ada abisnya. terutama film film yang bintang utamanya Jackie Chan , ga akan diganti deh channelnya. tapi bentar .. kali ini gw ga akan nulis tentang Jackie Chan dulu, hhehe
kali ini gw nulis tentang kendaraan.. :p . loh apa hubungannya ama pilem dan judul diatas? -_-
haha, ada dong di film-film Jackie Chan gw sering banget liat bus tingkat, entah tu bus cuma lewat depan kamera, atau si Jackie Chan nya berantem di dalemnya.. wah pokoknya seru,,haha

udah udah..

jadi waktu gw kecil tuh gw berharap gw pengen banget naik bis tingkat,dan gw naik diatas biar bisa liat pemandangan di jalan lebih bagus lagi, kapan ya di sini ada bis tingkat?
sempet pikiran gw waktu kecil bilang "kayaknya ga mungkin deh  ada bis tingkat disini.. soalnya disinikan tiang listriknya pendek2, terus kabelnya ngelewer2 lagi.. ntar tu bis nyangkut lagi :v hahaha.

bisnya nyangkut ga ya?
Senin (24/2/2014), saya melihat sebuah berita yang menyatakan bahwa di Jakarta sekarang ada kendaraan yang digunakan untuk berkeliling kota Jakarta yang dinamakan Bus Tingkat Pariwisata City Tour Jakarta. Bus City Tour Jakarta resmi beroperasi hari itu, banyak yang bilang busnya nyaman, kursinya empuk dan ada pemandu wisata untuk keliling kota dari Bundaran HI sampai Masjid Istiqlal.

Jakarta kini sudah punya bus tingkat wisata. Sesuai namanya, bus ini bertingkat dan dioperasikan khusus untuk wisata yang mengantar ke berbagai destinasi di Jakarta.

dan akhirnya.. cerita gw diatas terjawab di Indonesia udah ada bis tingkat :D , dan gw harus cobain tahun ini.
hari demi hari berlalu, dengan kesibukan gw dan jadwal gw yg sangat padat .. :v wekk -_- . gw belom bisa nyobain naik tu bis. dan suatu hari muncul deh status temen gw di timeline fb.

maap ya len, namanya lupa di blur :p
Alhamdulillah tanggal 26 Juni 2014 gw bisa ngerasain bis tingkat, itu juga karena dipaksa si dia..haha :D
pertama gw bingung bagaimana cara/ naik bus tingkat itu. yang gw tau bus itu cuma berenti di setiap (Shelter) tempat yg bertanda :

dan yang dia tau bus itu berenti di depan Mal tertua di jakarta, yaitu Mal Sarinah, jadi gw langsung berangkat menuju mal, dan sesampainya di mal, kita parkir motor :3 di parkiran mal. selanjutnya berjalan kaki sebentar ke depan mal sampai tepat dibawah tanda pemberhentian bus.

selanjutnya kita menunggu, disinilah hal yang saya kecewakan, hampir 1 jam kita menunggu bus itu datang. (mungkin memang lagi ga hoki).
dan bis akhirnya datang juga kami pun disuruh antri dengan tertib untuk masuk,  saat saya masuk, kursi di bagian lantai atas telah penuh semua dan terpaksa kami kebagian di lantai bawah, tapi gapapa lah..
di dalam bus terdapat 1 Polwan, 2 pemandu wisata dan 1 Supir di dalamnya.
polwan tersebut bertugas melihat kursi kosong yang ada di lantai atas dan bawah, jadi pada saat penumpang naik, polwan tersebut sudah tau berapa penumpang yang bisa masuk ke dalam bus.

ada satu hal yang membuat saya sangat terkesan disini, di dalam bus tidak ada yang boleh berdiri. jadi semua penumpang harus mendapatkan tempat duduk. bagi yang tidak mendapatkan kursi, maka penumpang harus rela menunggu bus berikutnya.

menurut penilaian sekilas saya, suasana di dalam bus cukup nyaman. Kursinya empuk, seperti kursi busway jurusan pulo gadung yg baru :p. ada TV yang menampilkan video aneka budaya dan tempat wisata di Jakarta di lantai bawah dan atas, pengeras suara untuk pemandu wisata, AC dan tempat sampah. Meski begitu, wisatawan diimbau untuk tidak makan dan minum di dalam bus demi menjaga kebersihan dan kenyamanan.

Pemandu Wisata 1

tak hanya itu, ada juga dua tempat khusus untuk penumpang penyandang cacat atau yang menggunakan kursi roda. Di pintu masuknya, ada suatu papan yang bisa dilipat dan berfungsi sebagai jembatan untuk mengangkut penumpang yang menggunakan kursi roda tersebut.

sayapun duduk sambil melihat-lihat sekeliling kota jakarta, ya walaupun udah sering liat tapi baru kali ini liat di dalem bis tingkat :p haha

Setelah duduk sebentar, tibalah di Shelter Bundaran HI, dan disana banyak penumpang yang turun di Shelter ini, disitulah kami bergegas langsung bangun dari tempat duduk dan langsung naik ke lantai atas. dan akhirnya dapat juga kursi di lantai atas bus :D

kemudian perjalanan dilanjutkan kembali dengan ditemani oleh penjelasan pemandu wisata yang menjelaskan tiap-tiap tempat yang dilewati. Tak hanya soal objek-objek wisata, dia pun menjelaskan segala hal unik dan menarik yang ditemui di jalan, baik itu patung, gedung-gedung bertingkat atau asal muasal nama suatu jalan.

selama perjalanan dari Shelter  Sarinah, Bus berhenti di Shelter HI>Museum Gajah>Halte Pcenongan>Halte Gedung Kesenian Jakarta>Istiqlal>Halte medan Merdeka barat>Monas 2> dan kembali ke -> Sarinah

tapi pada saat di Shelter  Halte Gedung Kesenian Jakarta, bus kami berhenti dan pemandu wisata bicara "Bus akan beristirahat selama 30 menit, bagi penumpang yang ingin melanjutkan perjalanan bisa pindah ke bus di depan. dan jika penumpang yang tidak turun harap sabar beristirahat dan menunggu di dalam bus".
banyak penumpang yang turun, dan pindah bus, tapi saya dan si dia, tetap menunggu bus hingga selesai istirahat. bus beristirahat karena mungkin tepat pukul 3.30 sore dimana memang waktu itu digunakan untuk bus beristirahat. selama menunggu, banyak penumpang yang memotret, ngobrol, becanda dan lainnya termasuk tidur, seperti bapak di samping saya ini :p .

pules banget kayaknya :p

Setelah 30 menit beristirahat, bus melakukan perjalanan kembali dan terlihat  kursi bus di atas terisi penuh kembali.

kami menikmati perjalanan sore dijakarta dalam bus  kurang lebih 2 jam , padahal waktu normal seharusnya hanya kurang lebih 40 menit. mungkin itu karena terkena jam istirahat dan macetnya jakarta di sore hari.

kami tiba kembali di sarinah kurang lebih pukul 6 sore, terlihat memang sudah gelap. dan kamipun turun dari bus.

dan berakhirlah perjalanan kami mengelilingi jakarta dengan bus tingkat :D.
Buat temen - temen yang ingin menaikinya,  Bus ini beroperasi setiap hari mulai pukul 09.00 WIB sampai 19.00 WIB. Penumpang tak dipungut biaya alias gratis.

Berikut ini adalah rute yang ditempuh oleh bus tingkat pariwisata tersebut.

Shelter Bundaran Hotel Indonesia-Jalan MH Thamrin-Jalan Medan Merdeka Barat-Shleter Museum Nasional-Jalan Majapahit-Harmoni-Komplek Sekretariat Negara-Shelter ANZ Bank (Pecenongan)-Pasar Baru-Shelter Gedung Kesenian Jakarta-Lapangan Banteng-Shelter Masjid Istiqlal-Jalan Juanda-Jalan Veteran II-Jalan Medan Merdeka Utara-Shelter Istana Negara (Medan Merdeka Barat)-Indosat-Jalan Medan Merdeka Selatan-Shelter Balaikota-Jalan MH Thamrin-Shelter Sarinah-Shleter Bundaran Hotel Indonesia.

kamipun makan di salah satu tempat makan cepat saji di mal Sarinah, kemudian pulang menggunakan motor kembali kerumah.

#catatan : siapkan uang lebih saat anda parkir di Mal Sarinah tersebut, karena baru kali ini saya parkir motor di mall lebih dari 17ribu rupiah :3

Sekian Perjalanan sore kami, dan perjalanan kami yg pertama menggunakan Bus City Tour Jakarta. Buat temen temen yang sudah coba, yuk share pengalamannya di komentar :D

Salam, Anggi

2 Komentar Bus City Tour Jakarta, Coba yuk..