Selasa, 11 Februari 2014

Merahasiakan File Tanpa Software, Jangan Dipake ngibul ke Doi ya!

Kadang memiliki dokumen atau file rahasia yang tidak ingin diketahui atau diakses orang lain. Bagaimana cara menyembunyikan file tersebut? Sangat mudah, caranya adalah...dengan menggunakan teknik "Bunglon" (kamuflase) loh kok bunglon? kenapa ya??Penasaran? Lanjutkan membaca.

Coba perhatikan. Setiap file di komputer memiliki jenis apakah itu gambar, video, audio dan sebagainya sehingga di belakang nama file akan ada nama extensi (jenis file) seperti .jpg, .png, .flv, .mpg, mp3. Jika di komputermu tidak muncul, dapat dimunculkan dengan setting explorer.

Cara memunculkan nama jenis file (extensi file):

Windows XP  :
1. Buka windows explorer atau MyComputer (Win+E).
2. Klik: Tools > Folder Options >View.
3. Hapus centang pada Hide extensions for known file types.

Windows Vista, Sev7en :
1. Buka windows explorer atau MyComputer (Win+E).
2. Tekan Tombol Alt pada keyboard, maka akan keluar Menu bar, klik Tools> Folder Options >View.
3. Hapus centang pada Hide extensions for known file types.

Windows 8, 8.1 :
1. Buka windows explorer atau MyComputer (Win+E).
2.Klik tab View
3.Checklist "File Name Extensions"

Nah, sekarang extensi file sudah kelihatan. Untuk menghilangkannya kembali, centang lagi "Hide extensions for known file types" tersebut.

Sekarang waktunya kita melakukan teknik kamuflase!

Mudah,  Kita tinggal ubah nama extensi file tersebut. Misalkan kamu ingin menyembunyikan foto cewek kamu yang diberi nama : Sayang.jpg. Selanjutnya kamu ubah saja jadi sayang.docx. File yang tadinya ber-icon gambar akan berubah jadi icon file Microsoft Office Word. Hahaha

Jika kamu ingin membuka file-nya lagi (karena kangen liat foto cewek lo/ selingkuhan ente..haha) tinggal kembalikan aja extensi-nya ke extensi asli (.jpg). Gimana, gampangkan?

Biasanya Trik seperti ini juga digunakan oleh virus untuk mengelabui kita agar ita kehilangan file2 kita dengan merubah Extensi file kita. jadi pada saat file kita eksekusi keluarlah pesan eror. dan jika kita tidak tahu kita berfikiran komputer kita kenapa kenapa.. dan bahayanya lagi  jika kita sudah menganggap file itu rsak, kemudian kita menghapusnya :(, maka hilanglah file penting tersebut. disinilah tujuan utama saya memberikan Trik ini. :)

Tapi ingat satu hal dalam melakukan trik ini: jangan sampai kamu lupa yang mana file-nya dan nama dari extensi aslinya!! :D


Ctt:
Trik ini jangan digunakan untuk ngibul ke pacar masing masing :p


Semoga bermanfaat!

Anggi Yulianto

3 Komentar Merahasiakan File Tanpa Software, Jangan Dipake ngibul ke Doi ya!

  1. wah kereenn... bisa aja dah kang, pengalaman nih kayanya ya ? awas tuh nanti pacarnya liat postingan ini... hihii... :D

    BalasHapus
  2. Nice info gan,

    Tapi itu trik lama, cewek sekarang udah nggak mempan dipake trik itu :D

    BalasHapus

Back To Top