Kali ini saya membuat tulisan untuk menyelesaikan tugas Softskil Pertama di Semester 4. Tulisan ini berkaitan dengan Definisi Web dan sejarah Web serta apa saja yang berkaitan dengan Web.
A. Definisi Web
Web Science
merupakan salah satu penjabaran dari dua arti yang berbeda, yaitu web dan
science. Website atau situs diartikan sebagai kumpulan halaman yang menampilkan
informasi data teks, data gambar diam atau gerak, data animasi, suara, video
dan atau gabungan dari semuanya, baik yang bersifat statis maupun dinamis yang
membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait dimana masing-masing
dihubungkan dengan jaringan-jaringan halaman (hyperlink).
Science adalah
segala sesuatu yang berhubungan dengan sumber ilmu pengetahuan yang memberikan
manfaat bagi kehidupan manusia dan seluruh isinya. Dengan kata lain, science
itu sendiri merupakan kumpulan ilmu pasti yang memberikan makna tersendiri bagi
yang mempelajarinya.
Web Science
dapat disimpulkan yaitu segala sesuatu yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan
yang diperoleh dari sumer yang akurat dan dapat di unduh dari dunia maya tanpa
kita harus menuju ke sumber informasi yang ada di informasi yang ingin kita
cari, sehingga memudahkan kita untuk memperoleh informasi.
B. Sejarah Web
WWW adalah
suatu program yang ditemukan oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1991. Awalnya
Berners-Lee hanya ingin menemukan cara untuk menyusun arsip-arsip risetnya.
Untuk itu, beliau mengembangkan suatu sistem untuk keperluan pribadi. Sistem
itu adalah program peranti lunak yang diberi nama Enquire. Dengan program itu,
Berners-Lee berhasil menciptakan jaringan yang menautkan berbagai arsip
sehingga memudahkan pencarian informasi yang dibutuhkan. Inilah yang kelak
menjadi dasar dari sebuah perkembangan pesat yang dikenal sebagai WWW.
WWW
dikembangkan pertama kali di Pusat Penelitian Fisika Partikel Eropa (CERN),
Jenewa, Swiss. Pada tahun 1989 Berners-lee membuat pengajuan untuk proyek
pembuatan hiperteks global, kemudian pada bulan Oktober 1990, 'World Wide Web'
sudah dapat dijalankan dalam lingkungan CERN. Pada musim panas tahun 1991, WWW
secara resmi digunakan secara luas pada jaringan Internet.
Memex, Hypertext,
Internet, Usenet, FTP, Gooper.
Memex
Memex (
berasal dari "memori" dan "index") adalah nama dari sistem proto hypertext
hipotetis yang dijelaskan oleh Vannevar Bush pada tahun 1945 di Artikel
Atlantic Monthly As We May Think (AWMT). Bush membayangkan memex sebagai
perangkat di mana individu akan kompres dan simpan semua buku-buku mereka,
catatan, dan komunikasi, mekanis sehingga dapat berkonsultasi dengan melebihi
kecepatan dan fleksibilitas. Memex akan memberikan suplemen penting dan
diperbesar ke memori seseorang. Konsep memex mempengaruhi perkembangan sistem
hypertext awal (akhirnya mengarah pada pembentukan World Wide Web) dan
perangkat lunak basis pengetahuan pribadi.
Teknologi yang
digunakan akan menjadi kombinasi kontrol elektromekanik, kamera mikrofilm dan
pembaca, semua terintegrasi ke dalam meja besar. Sebagian perpustakaan
mikrofilm akan telah terkandung dalam meja, tetapi pengguna bisa menambah atau
menghapus gulungan mikrofilm.
Memex akan
menjadi semacam file pribadi mekanik dan perpustakaan. Ini akan menggunakan
penyimpanan mikrofilm, fotografi kering, dan komputasi analog untuk memberikan
sarjana pasca perang akses ke repositori, besar diindeks pengetahuan. Setiap
bagian yang bisa disebut dengan beberapa penekanan tombol.
Visi dari
memex mendahului, dan dikreditkan sebagai inspirasi bagi kita, sistem pertama
hypertext praktis dari tahun 1960-an. Bush menggambarkan visi memex dan lainnya
dari "As We May Think" sebagai proyeksi dari teknologi yang dikenal
pada tahun 1930 dan 1940 - dalam semangat Jules Verne atau 1945 usulan Arthur
C. Clarke untuk mengorbit satelit geosynchronous untuk telekomunikasi global.
The memex diusulkan oleh Bush akan menciptakan jejak link yang menghubungkan
urutan frame mikrofilm, daripada link dalam pengertian modern di mana hyperlink
menghubungkan kata frase tunggal atau gambar dalam dokumen dan tujuan lokal
atau remote.
Memex ini akan
memiliki fitur selain menghubungkan. Pengguna dapat merekam informasi baru
mengenai mikrofilm, dengan mengambil foto dari kertas atau dari layar sentuh
yang sensitif tembus. Seorang pengguna bisa menyisipkan komentar sendiri, baik
menghubungkan ke jalur utama atau bergabung dengan jejak sisi ke item tertentu.
Jadi ia membangun jejak minatnya melalui labirin bahan yang tersedia kepadanya.
Seorang pengguna juga bisa membuat copy dari jejak yang menarik dan
menyebarkannya kepada temannya untuk dimasukkan dalam memex sendiri, ada juga
untuk dihubungkan ke jejak yang lebih umum.
Mengingat
memex, sarjana bisa menciptakan alat sendiri pengetahuan sebagai koneksi dalam
berlembar-lembar informasi, berbagi alat-alat, dan menggunakan kompleks alat
untuk menciptakan pengetahuan namun lebih canggih yang pada gilirannya dapat
digunakan terhadap pekerjaan ini The memex telah dibayangkan. sebagai sarana
mengubah ledakan informasi menjadi ledakan pengetahuan. Ini tetap menjadi salah
satu impian mendefinisikan media baru. Memperluas, menyimpan, dan konsultasi
catatan.
Antara tahun
1990 dan 1994, Paul Flaherty, seorang mahasiswa Stanford yang sedang mencari
proyek, diperkenalkan oleh istrinya kepada atasannya. Supervisor baru saja
melihat demonstrasi dari World Wide Web dan menyarankan dapat ditingkatkan dan
lebih baik serupa dengan memex dijelaskan oleh Vannevar Bush jika link tidak
harus secara manual dimasukkan dan bukan satu bisa mengikuti link hanya dengan
menggunakan kata-kata sendiri. Flaherty melanjutkan untuk menciptakan
AltaVista, yang dicari pertama, full-text database dari sebagian besar dari
Web.
Hypertext
Hypertext
adalah teks yang ditampilkan pada layar komputer atau perangkat elektronik
lainnya dengan referensi hyperlink ke teks lain yang pembaca dapat langsung
mengakses, biasanya dengan satu klik mouse, urutan menekan tombol atau dengan
menyentuh layar. Selain teks, hypertext kadang-kadang digunakan untuk
menggambarkan tabel, gambar, dan bentuk lain konten presentasi dengan
hyperlink. Hypertext adalah konsep yang mendasari mendefinisikan struktur dari
World Wide Web. Ini memungkinkan koneksi mudah digunakan dan fleksibel dan
berbagi informasi melalui Internet.
Dokumen hypertext
dapat menjadi statis (dipersiapkan dan disimpan di muka) atau dinamis
(terus-menerus berubah dalam menanggapi input pengguna, seperti halaman web
dinamis). Static hypertext dapat digunakan untuk referensi silang koleksi data
dalam dokumen, aplikasi perangkat lunak, atau buku-buku tentang CD. Sebuah
sistem yang dibangun dengan baik juga dapat menggabungkan antarmuka pengguna
lainnya konvensi, seperti menu dan baris perintah. Link yang digunakan dalam
dokumen hypertext biasanya mengganti bagian saat hypertext dengan dokumen
tujuan. Sebuah fitur yang kurang dikenal dan digunakan adalah StretchText, yang
mengembang atau mengontrak isi di tempat memberikan kontrol yang lebih kepada
pembaca dalam menentukan tingkat detail dari dokumen yang ditampilkan. Hypertext
dapat mengembangkan sistem yang sangat kompleks dan dinamis menghubungkan dan
referensi silang. Implementasi paling terkenal dari hypertext adalah World Wide
Web, pertama kali digunakan pada tahun 1992.
Keuntungan
penulisan menggunakan teknologi hypertext adalah bahwa makna dari cerita dapat
disampaikan melalui rasa spasialitas dan perspektif yang bisa dibilang unik
untuk lingkungan digital jaringan. Penggunaan kreatif pengarang dari node,
mandiri unit arti di dalam narasi hypertextual, bisa bermain dengan orientasi
pembaca dan menambahkan makna ke teks.
Internet
Internet dalam
istilah adalah jaringan komputer dunia yang terhubung satu dengan yang lainnya
menggunakan media telpon dan satelit. Secara umum internnet dapat diartikan
sebagai media komunikasi tanpa batas yang tidak membedakan ruang dan waktu
untuk saling terkoneksi.
Usenet
Seperti
artinya usenet adaah cara kita menggunakan sebuah internet, disini banyak
sekali cara seseorang menggunakan internet dimulai dengan menggunakan WWW
(World Wide Web) sampai kelebihan dan kekurangan dari sebuah internet.
Dijelaskan mulai dari Infrastruktur komunikasi Internet terdiri dari komponen
perangkat keras dan sistem lapisan perangkat lunak yang mengontrol berbagai
aspek arsitektur. Sementara perangkat keras sering dapat digunakan untuk
mendukung sistem perangkat lunak lain, itu adalah desain dan proses
standarisasi yang ketat dari arsitektur perangkat lunak yang mencirikan
Internet dan memberikan fondasi untuk skalabilitas dan sukses. Komponen yang
paling menonjol dari model internet adalah Internet Protocol (IP), yang
menyediakan sistem pengalamatan (alamat IP) untuk komputer di Internet. IP
memungkinkan internetworking dan pada dasarnya menetapkan internet itu sendiri.
Versi IP 4 (IPv4) adalah versi awal yang digunakan pada generasi pertama dari
internet hari ini dan masih digunakan dominan. Banyak orang menggunakan
internet dan istilah World Wide Web atau hanya Web, bergantian, tetapi dua
istilah yang tidak sama. World Wide Web adalah sistem pencarian sebuah situs.
Dunia Web Lebar perangkat lunak browser, seperti Microsoft Internet Explorer,
Mozilla Firefox, Opera, Apple Safari, dan Google Chrome, memungkinkan pengguna
menavigasi dari satu halaman web yang lain melalui hyperlink tertanam dalam
dokumen. Dan ada beberapa bagian dari internet yang dapat digunakan atau di
akses yaitu :
1. Media streaming adalah pengiriman
real-time media digital untuk konsumsi langsung atau kenikmatan oleh pengguna
akhir. Contoh : Digital media streaming dan Webcam.
2. File sharing adalah contoh dari mentransfer
sejumlah besar data di Internet.
FTP
File Transfer
Protocol (FTP) adalah protokol jaringan standar yang digunakan untuk
mentransfer file dari satu host ke host lain melalui jaringan berbasis TCP,
seperti Internet. FTP dibangun pada arsitektur client-server dan menggunakan
kontrol terpisah dan sambungan data antara klien dan server [1] FTP pengguna
dapat mengotentikasi sendiri menggunakan sign-in yang jelas-teks protokol,
biasanya dalam bentuk username dan password. , tetapi dapat terhubung secara
anonim jika server dikonfigurasi untuk memungkinkan itu. Untuk transmisi aman
yang menyembunyikan (enkripsi) username dan password, dan mengenkripsi konten,
FTP sering diamankan dengan SSL / TLS ("FTPS"). SSH File Transfer
Protocol ("SFTP") kadang-kadang juga digunakan sebagai pengganti,
tetapi teknologi yang berbeda. Aplikasi FTP client pertama adalah baris
perintah aplikasi yang dikembangkan sebelum sistem operasi memiliki antarmuka
pengguna grafis, dan masih dikirimkan dengan Windows kebanyakan, Unix, dan
sistem operasi Linux. [2] [3] Puluhan klien FTP dan utilitas otomatisasi telah
sejak dikembangkan untuk desktop, server, perangkat mobile, dan perangkat
keras, dan FTP telah dimasukkan ke dalam ratusan aplikasi produktivitas,
seperti editor halaman Web. Ada beberapa metode aman mentransfer file yang
telah disebut "Secure FTP" pada satu titik atau lain.
FTP dapat
berjalan dalam mode aktif atau pasif, yang menentukan bagaimana koneksi data
didirikan. Dalam modus aktif, klien membuat koneksi kontrol TCP ke server dan
mengirimkan server alamat IP klien dan jumlah klien port dan kemudian menunggu
sampai server memulai koneksi data melalui TCP ke alamat IP client dan nomor
client port. Dalam situasi di mana klien berada di belakang firewall dan tidak
dapat menerima koneksi masuk TCP, mode pasif dapat digunakan. Dalam modus ini,
klien menggunakan koneksi kontrol untuk mengirim perintah PASV ke server dan
kemudian menerima alamat IP server dan nomor port server dari server klien yang
kemudian digunakan untuk membuka koneksi data dari port klien untuk alamat IP
server dan nomor port server menerima. Kedua mode yang diperbarui pada bulan
September 1998 untuk mendukung IPv6. Perubahan lebih lanjut diperkenalkan ke
mode pasif pada waktu itu, update ke modus pasif diperpanjang.
Ghoper
Protokol
Gopher (pron.: / ɡoʊfər /) adalah aplikasi TCP / IP protokol lapisan yang
dirancang untuk mendistribusikan, mencari, dan mengambil dokumen melalui
Internet. Sangat berorientasi pada desain menu-dokumen, protokol Gopher
disajikan alternatif untuk World Wide Web dalam tahap awal, tapi akhirnya HTTP
menjadi protokol yang dominan. Ekosistem Gopher sering dianggap sebagai
pendahulu yang efektif dari World Wide Web.
Diciptakan
oleh tim yang dipimpin oleh Mark P. McCahill di University of Minnesota,
protokol ini menawarkan beberapa fitur tidak didukung oleh native Web dan
menerapkan hirarki yang lebih kuat pada informasi yang tersimpan di dalamnya.
Teks antarmuka menu yang mudah digunakan, [1] dan cocok untuk lingkungan
komputasi yang sangat bergantung pada remote berorientasi teks terminal
komputer, yang masih umum pada waktu penciptaan pada tahun 1991, dan
kesederhanaan protokol yang difasilitasi berbagai implementasi klien. Gopher
revisi yang lebih baru dan klien grafis menambahkan dukungan untuk multimedia.
Gopher disukai oleh banyak administrator jaringan untuk menggunakan sumber daya
jaringan yang lebih sedikit dibandingkan layanan Web.
Dengan
struktur hirarki, Gopher menyediakan platform yang berguna untuk skala besar
koneksi perpustakaan elektronik pertama pengguna Gopher mengingat sistem
sebagai "lebih cepat dan lebih efisien dan jauh lebih terorganisir"
daripada layanan Web saat ini. Meskipun sebagian besar digantikan oleh Web di tahun
berikutnya, protokol Gopher masih digunakan oleh penggemar, dan populasi kecil
dari server aktif dipertahankan tetap.
Gopher
menggabungkan hirarki dokumen dengan koleksi layanan, termasuk WAIS, yang
Archie dan Veronica search engine, dan gateway ke sistem informasi lain seperti
FTP dan Usenet.
Untuk
mendapatkan teks yang Anda inginkan, Anda harus mengklik beberapa link, dan
membaca melalui menu setiap kali sebelum Anda memilih link lain. Namun yang
bekerja lebih cepat daripada orang mungkin berpikir hari ini, dan di masa
kejayaan Gopher, banyak waktu dihabiskan memilih dan mengatur link di layout
yang dapat digenggam sekilas. Gopher menjadi teks-penanganan, dokumen-sistem
pengiriman itu dimaksudkan untuk menjadi. Seorang pengguna bisa menampilkan
dokumen teks pada layar nya, simpan ke file, mencetaknya, atau bahkan e-mail
salinan ke orang lain di Internet. Gopher menjadi klien dominan untuk layanan
informasi lainnya: Server Information Wide Area (WAIS), FTP, dan Archie,
database file yang dipegang oleh sebagian besar anonim utama (publik) situs FTP
di Internet. Awalnya, Gopher bisa mencari hanya satu database WAIS pada satu
waktu, dan WAIS s "relevansi umpan balik" alat (menemukan
konten-dokumen sejenisnya) tidak tersedia.
Jenis – jenis Web
Web 1.0
Merupakan teknologi Web generasi
pertama yang merupakan revolusi baru di dunia Internet karena telah mengubah
cara kerja dunia industri dan media. Pada dasarnya, Website yang dibangun pada
generasi pertama ini secara umum dikembangkan untuk pengaksesan informasi dan
memiliki sifat yang sedikit interaktif.
Web 2.0
Web 2.0 Istilah Web 2.0 pertama
kalinya diperkenalkan oleh O’Reilly Media pada tahun 2004 sebagai teknologi Web
generasi kedua yang mengedepankan kolaborasi dan sharing informasi secara
online. Menurut Tim O’Reilly, Web 2.0 dapat didefinisikan sebagai berikut: “Web
2.0 adalah revolusi bisnis di industri komputer yang disebabkan oleh penggunaan
internet sebagai platform, dan merupakan suatu percobaan untuk memahami
berbagai aturan untuk mencapai keberhasilan pada platform baru tersebut.
Web 3.0
Definisi untuk
Web 3.0 sangat beragam mulai dari pengaksesan broadband secara mobile sampai
kepada layanan Web berisikan perangkat lunak bersifat on-demand [Joh07]. Namun,
menurut John Markoff, Web 3.0 adalah sekumpulan teknologi yang menawarkan cara
baru yang efisien dalam membantu komputer mengorganisasi dan menarik kesimpulan
dari data online. Berdasarkan definisi yang dikemukakan tersebut, maka pada
dasarnya Semantic Web memiliki tujuan yang sama karena Semantic Web memiliki
isi Web yang tidak dapat hanya diekpresikan di dalam bahasa alami yang
dimengerti manusia, tetapi juga di dalam bentuk yang dapat dimengerti,
diinterpretasi dan digunakan oleh perangkat lunak (software agents)
Pertumbuhan Sosial dan
Ekomomi
Dengan
berkembangnya teknologi secara pesat juga berpengaruh pada pertumbuhan
kehidupan sosial dan ekonomi. Adapun dampak yang ditimbulkan dari pesatnya
perkembangan teknologi adalah sebagai berikut :
Efek Positif
Banyak pakar yang berpendapat bahwa kini
semakin besar porsi wanita yang memegang posisi sebagai pemimpin, baik dalam
dunia pemerintahan maupun dalam dunia bisnis. Bahkan perubahan perilaku ke arah
perilaku yang sebelumnya merupakan pekerjaan pria semakin menonjol
Meningkatnya rasa percaya diri. Kemajuan
ekonomi di negara-negara Asia melahirkan fenomena yang menarik. Perkembangan
dan kemajuan ekonomi telah meningkatkan rasa percaya diri dan ketahanan diri
sebagai suatu bangsa akan semakin kokoh. Bangsa-bangsa Barat tidak lagi dapat
melecehkan bangsa-bangsa Asia
Tekanan, kompetisi yang tajam di berbagai
aspek kehidupan sebagai konsekuensi globalisasi, akan melahirkan generasi yang
disiplin, tekun dan pekerja keras
Pertumbuhan ekonomi yang semakin tinggi
Terjadinya industrialisasi
Produktifitas dunia industri semakin
meningkat
Persaingan dalam dunia kerja sehingga
menuntut pekerja untuk selalu menambah skill dan pengetahuan yang
dimiliki.Kecenderungan perkembangan teknologi dan ekonomi, akan berdampak pada
penyerapan tenaga kerja dan kualifikasi tenaga kerja yang diperlukan.
Kualifikasi tenaga kerja dan jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan akan mengalami
perubahan yang cepat. Akibatnya, pendidikan yang diperlukan adalah pendidikan
yang menghasilkan tenaga kerja yang mampu mentransformasikan pengetahuan dan
skill sesuai dengan tuntutan kebutuhan tenaga kerja yang berubah tersebut.
Efek Negatif
Melemahkan rasa gotong royong dan tolong
menolong sebagaimana ini menjadi ciri khas masyarakat Indonesia
Berkurangnya sosialisasi karena kurang
proses tatap muka atau face to face karena pesatnya perkembangan alat
komunikasi, hal ini dapat menyebabkan komunikasi menjadi hampa
Perbedaan kepribadian pria dan wanita.
Banyak pakar yang berpendapat bahwa kini semakin besar porsi wanita yang
memegang posisi sebagai pemimpin, baik dalam dunia pemerintahan maupun dalam
dunia bisnis. Bahkan perubahan perilaku ke arah perilaku yang sebelumnya
merupakan pekerjaan pria semakin menonjol
Terjadinya pengangguran bagi tenaga kerja
yang tidak mempunyai kualifikasi yang sesuai dengan yang dibutuhkan
Sifat konsumtif sebagai akibat kompetisi
yang ketat pada era globalisasi akan juga melahirkan generasi yang secara moral
mengalami kemerosotan: konsumtif, boros dan memiliki jalan pintas yang bermental
instant
Kemajuan TIK juga pasti akan semakin
memperparah kesenjangan sosial yang terjadi di masyarakat antara orang kaya dan
orang miskin
Adanya aksi tipu menipu dalam proses jual
beli online yang dapat merugikan beberapa pihak
Metodologi Web Science
Web Science
merupakan kajian sains dari Web. Ketika Web telah bergerak ke ranah ilmu, maka
pertanyaan mendasar adalah bagaimana keilmuan ini melakukan metodologi.
Bagaimana peneliti atau engineer melakukan pendekatan terhadap Web untuk
pemahaman dan relasinya dengan domain sosial secara luas dan inovasi apa yang
dapat dilakukan.
Berbagai
penelitian yang berlangsung saat ini melakukan pengembangan pada metodologi
pemetaan (mapping) dan graph pada struktur Web dengan sampling sebagai kunci
utamanya [Leung, 2001]. Sebagai contoh laporan riset [Fetterly, 2004]
menyatakan bahwa 27% dari web di Jerman (.de) melakukan perubahan setiap
minggu. Model lain adalah metodologi model analisis yang mengkombinasikan data
empiris yang digunakan untuk melakukan determinasi probabilitas. Metodologi
pada Web Science akan dipengaruhi oleh perekayasaan yang berlatar belakang
industri maupun peneliti akademisi.
Sumber :
Kedua situs tersebut diakses
kembali pada tanggal 28 April 2013
0 Komentar Definisi Web dan Sejarah Web
Posting Komentar