Rabu, 22 April 2009


Mengenal Windows Vista
Microsoft Windows Vista merupakan nama system operasi versi terbaru Microsoft Windows Untuk Saat ini. Sistem operasi ini berbasis grafis dari Microsoft,system operasi ini dapat di gunakan pada personal computer, baik untuk pengguna rumahan maupun bisnis, dan dapat juga di gunakan pada komputer Laptop. Sebelum di umumkan dengan nama Windows Vista,sistem operasi ini lebih di kenal dengan code name Longhorn.
Kebutuhan perangkat keras
Menurut Microsoft, komputer yang dapat menjalankan Windows Vista di klasifikasikan sebagai Vista Capable dan Vista Premium Ready. Komputer Vista Capable minimal memiliki Processor 800 Mhz, 512 Ram, Dan kartu grafis DirectX9.
Klasifikasi seperti ini tidak akan mampu mendukung grafis high end Vista, termasuk antar muka Aero. Komputer Vista Premiun Ready memiliki setidaknya processor 1 GHz,512 MB RAM,dan kartu grafis yang kompitabel dengan antar muka Aero minimal 128 MB serta mendukung WDDM yang baru. Di bawah ini tabel perangkat keras yang di butuhkan oleh Windows Vista,dan untuk memakai semua fitur yang telah di sediakan oleh Microsoft Windows Vista saya sarankan untuk menggunakan memory yang lebih besar,sehingga anda bisa menggunakan Windows Vista dengan seluruh fitur yang di sediakan oleh microsoft dengan Nyaman, tanpa gangguan Sedikitpun.
Komponen
Vista Capable
Vista Premium Ready
Processor
800 MHz
1 GHz/Dual Core
Memori
512 MB RAM
512 MB RAM
Kartu Grafis
Mendukung DirecX 9
Mendukung DirecX 9, dengan hardware Pixel Shader v2.0 dan driver WDDM
Memori kartu Grafis
64 MB RAM
128 MB RAM
HDD
20 GB
40 GB
Area HDD kosong
15 GB
15 GB
Perangkat lainnya
CD ROM
DVD ROM
Edisi Windows Vista
Ø Windows Vista Starter
Mirip seperti Windows XP starter Editon, edisi ini di batasi untuk area lokal, terutama sebagai alternatif legal ketimbang penggunaan Windows bajakan. Windows Vista starter di batasi penggunaan nya, hanya bisa di gunakan untuk memakai 3 program sekaligus dalam satu waktu, pembatasan dalam melakukan koneksi jaringan, sementara physical memory di batasi hanya hingga 256 MB.
Ø Windows Vista Home Basic
Seperti Windows XP Home Edition, Windows Vista Home Basic di tunjukan bagi pengguna rumahan yang memerlukan fasilitas begitu tinggi. Tema Aero Glass dengan efek transparan tidak masuk dalam edisi ini. Home Basic hanya mendukung hingga 8 GB physical memory.
Ø Windows Vista Home Premium
Di dasari Windows Vista Home Basic, edisi ini memiliki tambahan dukungan fitur yang lebih tinggi yang di tunjukan untuk segmen pengguna rumahan,seperti dukungan HDTV dan pembuatan Menu DVD. Tambahan lainnya adalah program aplikasi game yang lebih banyak. Windows Vista Home Basic juga mendukung komputer tablet dan mobile, sistem enkripsi file, serta aplikasi menejemen foto. Edisi ini mirip dengan Windows XP Media Center Edition dan Tablet PC Edition. Windows Vista Home Premium mendukung hingga 16 GB physical memory.
Ø Windows Vista Busines
Sebanding dengan Windows XP Proffesional,ditunjukan untuk pengguna bisnis. Fitur mediaa Center yang ada dalam home premium tidak di masukan dalam edisi ini, tetapi edisi ini memiliki fasilitas IIS web server, dukungan faksimili, online file, dukungan dual pysical processor, remote dekstop, kolaborasi P2P, dan mampu menangani hingga 128 GB pysical memori. Aktivasi produk tidak di perlukan untuk edisi ini.
Ø Windows Vista Enterpise
Edisi Windows Vista Enterpise di tunjukan untuk segmen Enterprise, merupakan edisi tingkat tinggi dari edisi busines. Fitur tambahannya di antaranya adalah versi sesi tunggal dari Virtual PC, dukungan antarmuka multi bahasa, BitLocker Drive Encryption, dan dukungan untuk aplikasi UNIX. Edisi ini tidak tersedia di saluran retail ataupun OEM, melainkan harus melalui microsoft Software Assurance.
Ø Windows Vista Ultimate
Edisi ini menggabungkan seluruh fitur Home,Premium dan Enterpise. Dalam edisi ini juga di tambahkan dukungan pembuatan blogcasting, program peningkat-kinerja game (WinSat), fasilitas DVD ripping, dan layanan online khusus untuk media yang dapat di unduh, serta opsi layanan pelanggan tambahan lainnya, Edisi ultimate adalah edisi vista yang paling impresif, di tunjukan bagi para pengguna high-end. Seperti edisi Businesdan Enterpise, aktivasi produk edisi Ultimate juga tidak di perlukan.

0 Komentar

Posting Komentar

Back To Top