Rabu, 22 April 2009


MELENYAPKAN BERBAGAI GNGGUAN DI WINDOWS
VISTATM
Semua hal di dunia ini memiliki dua sisi,Ada gelap, Ada terang, Ada tinggi, Ada rendah, Ada suka, Dan Ada benci
S
emenjak Vista di rilis,tentu anda mendengar atau membaca berbagai artikel atau berita yang menyanjung – nyanjung Vista sebagi OS hebat. Memang vista memeng hebat,,lebih hebat dari OS lain,,tetapi,itu menurut saya. Tapi tak sedikit pula yang menampilkan kekurangan Vista, dan menganggapnya sebagai blunder terbesar yang pernah di lakukan Microsoft.
Dalam workshop ini,kita akan mencoba menampilkan beberapa hal yang bisa di kategorikan mengganggu pengguna Vista. Tentu saja yang di anggap mengganggu ini berbeda – beda untuk setiap orang. Dan tidak hanya itu saja, saya juga akan mencoba menyajikan solusi untuk pengganggu tersebut.
Harap di ingat, yang saya maksud mengganggu di sini adalah gangguan yang memeng berasal dari Vista-Nya sendiri. Bukan gangguan – ganggan yang di sebabkan karena kesalahan setting BIOS,driver yang tidak kompitabel, hardware yang tidak mendukung atau terserang malware,dan sebagainya.
Windows Vista yang kami gunakan di dalam penyajian materi ini adalah windows Vista Ultimate SP1...

Tampilan Folder Yang Selalu Berubah
Masalah
Salah satu sumber fungsi yang di alami pengguna Vista adalah sering berubahnya tampilan folder di Explorer.Misalnya anda menggunakan view details di folder C:\Downloads. Begi tu anda memasukan file gambar,lagu atau video ke folder tersebut,maka saat anda masuk kembali ke folder C:\Downloads. Tampilan foldernya mungkin akan berubah menjadi largae size icons. Bahkan jika tampilan fodernya sudah di ubah, akan berubah lagi, begitu anda menaruh file yang berbeda di folder tersebut.
Solusi
Ikuti langkahnya,setelah itu di jamin tampilan folder Anda tidak berubah ubah lagi:
1

tulis regedit di dalam kotak Run yang ada di dalam start menu atau di dalam kotak sreach indexer, Dan arahkan ke: HKEY_CURRENT_USER\software\Classes\Local Setting\Software\Microsoft\Windows\Shell.Di dalamnya,hapus key yang bernama Bags dan BagMRU.Gunanya adalah menghapus segala setting.
2
Setelah di hapus,buat kembali key Bags dengan mengklik kanan key Shell,dan pilih new key, dan beri nama Bags.di dalam Bags,buat lagi key bernama All Folders. Di dalam All Folders,buat lagi key bernama Shell.Sehingga akhirnya akan seperti : HKEY_CURRENT_USER\software\Classes\LocalSetting\Software\Microsoft\Windows\Shell\Bags\All Folders\Shell.
3
Di key terakhir, di jendela sebelah kanan, klik kanan dan pilih new,string value,dan beri nama FolderType,dan value data isi dengan Documents.
Ini artinya semua folder yang tidak di atur secara manual akan otomatis mengikuti setting tampilan folder Documents. Tutup jendela registery editor.
4
Di Windows Explorer,buka direktori \Users\Username_Anda\. Pada keempat folder (Documents, Pictures, Music, Viddeos), pastikan masing – masing folder tersebut sudah anda atur tampilan view nya sesuai kebutuhan anda.sembari mengatur perubahan di tiap folder itu ,klik tombol Organize,dan pilih folder and search Options.Pilih tab View, dan klik Apply to Folders.
5
Kembali ke regedit, dan arahkan ke : HKEY_CURRENT_USER\software\Classes\Local Setting\Software\Microsoft\Windows\Shell. Di dalam key Shell di bagian jendela sebelah kanan, klik kanan, dan pilih New, DWORD 32-bit Value,dan beri nama BagMRU Size.Klik dua kali BagMRU Size,dan berikan nilai 2710 dalam Hexadecimal.

Menghilangkan Peringatan dari User Account
Masalah
User Account Control ini bisa di bilang sebuah kondisi dilema.jika UAC ini di nonaktifkan,maka bagi user yang masih awam akan infeksi malware,komputernya bisa dengan mudah terinfeksi malware. Tapi jika di aktifkan, maka UAC ini akan sanagt mengganggu sekali.Sebab setiap kali kiata akan menjalankan sebuah file EXE atau melakukan sesuatu hal yang berkaitan dengan sistem,maka si UAC ini akan muncul.
Solusi
Ada solusi yang bisa di lakukan,adalah sekedar mematikan tampilan peringatanya,Tapi UAC tetap melaksanakan tugasnya seperti Protected Mode di IE7.langkah ini hanya bisa di lakukan di Vista Ultimate dan Vista Business:
1

Buka Control Panel , Administrative Tools, Local security Policy. Setelah terbuka, di bagian sebelah kiri, arahkan ke local policies, security Options.

2
Di sebelah kanan nya, cari item bernama User Account Control : Behavior of the elevation prompt for administrators in admin Approval Mode.klik dua kali, dan ubah setting nya menjadi Elevate without Prompting.

Aktivitas Hardiks yang Terus - Menerus
Masalah
Superfetch : fitur ini memastikan agar RAM tetap di gunakan sebagai cache untu mempercepat sistem. Tapi begitu ada program yang membutuhkan RAM lebih,maka Superfetch secara otomatis memberikannya ke hardiks. inilah yang bisa menurunkan peforma, walaupun hanya sebentar.
Solusi
Superfetch : menonaktifkan Superfetch sebenarnya tidak di rekomendasikan, tapi untuk sistem yang memiliki RAM kurang dari 2 GB dan hardiks pelan, Superfetch di anjurkan untuk di matikan.
1. Buka Control Panel, Administrative Tools, Services. Dalam jendela Services, cari Superfetch lalu klik 2 kali.
2. Di tab general, pada Startup type ganti menjadi Disabled.

Kurangnya Dukungan Driver
Solusi
Sejujurnya solusi yang bisa di berikan untuk masalah ini sepenuhnya tergantung dari para pembuat hardware. Kecuali Anda bisa membuat sendiri driver untuk Vista.kabar baiknya adalah sebagai manufaktur hardware besar, seperti nVIDIA, Ati, Intel, Creative, Asus, dan sebagainya,sudah memiliki driver untuk hardware mereka di Vista.sedangkan kabar buruknya adalah apabila hardware Anda di buat atau di produksi oleh manufaktur yang tidak besar, maka dengan terpaksa harware tersebut akan ngnggur.

Kapasitas Hardiks yang Terus Berkurang
Masalah
Buat pengguna Vista yang tidak sadar,mungkin anda tidak mengetahui kalau sisa kapassitas hardiks anda akan terus berkurang sedikit demi sedikit,Ini bukanlaah bug atu karena Virus, tapi merupakan bagian dari fitur system protection.
Tidak seperti XP yang memiliki fitur System Restore,Vista memiliki fitur tambahan yang bernama Shadow Copies untuk file yang tidak berkaitan dengan sistem.Contohnya anda membuat sebuah dokumen Word. Lantas secara tidak sadar anda telah menghapus sebanyak 2 paragraf,menyimpanya,lalu mematikan komputer. Jika anda tidak memiliki file backup-nya,tentu mustahil untuk mendapatkan kembali fersi dokumen tersebut yang belum di edit,nah, di sinilah fitur Shadows Copies itu bertindak, dia akan menyediakan Copy-an file yang belum di edit tersebut,selama fitur file protection yang ada di drive tersebut di aktifkan.
Anehnya,Shadows copies ini ada di seluruh versi vista. Namun fitur untuk mengaksesnya dan mengambil file yang kita mau hanya ada di vista Ultimate dan Business. Shadows Copies dan System Restore di Vista bisa menghabiskan 15% kapasitas Drive.
Solusi
Ada dua solusi yang saya tawarkan untuk mengatasi masalah dengan shadows copies, dan menyusutnya kapasitas hardiks. Yang pertama adalah solusi bagi pengguna Vista selain Business dan Ultimate yang tidak bisa mengakses file yang di sediakan oleh Shadows Copies. Mereka bisa menggunakan Freeware bernama shadows explorer,yang bisa di download dari www.shadowexplorer.com dengan file sebesar 656 KB. Cara penggunaan nya sangat mudah:
1. Download dan instal seperti biasa.
2. Jalankan, dan kemudian pilih drive serta tanggal yang ingin di restore.
3. Setelah itu pilih file nya,klik kanan, dan Export.
4. Pilih folder untuk menaruh file hasil restore, lalu klik OK.
Solusi kedua adalah menghapus semua system restore dan Shadows Copies yang sudah basi.yang tidak di hapus adalah system restore yang memiliki point terbaru. Caranya adalah sebagai berikut :
1. Di kotak Search, ketik cleanmgr, kemudian pilih drive yang di bersihkan.
2. pilih tab more options, dan klik clean up pada system restore and Shadows Copies. Dan klik delete pada peringatan yang muncul.

Windows Photo Gallery yang Berdiam Diri
Masalah
Masalah ini mungkin tidak di alami oleh pengguna Vista pada umumnya. Namun sempat di laporkan bahwa Windows Photo Gallery sering mengalami kebiusan atau tidak merespon dalam waktu tertentu.
Windows Photo Gallery di Vista sebenarnya sangat bagus ,melibihi apa yang di tawarkan oleh Windows Picture and Fax Viewer yang ada di XP. Contohnya, Windows photo Gallery memiliki fitur penghilangan efek Red Eye, mengatur exposure,dsb.
Solusi
Yang pertama anda bisa lakukan adalah menginstal Windows Live Photo Gallery. Aplikasi ini bisa di bilang versi Windows Photo Gallery yang lebih canggih.installer awal Windows live photo gallery bisa di download dari http://get.live.com/photogallery/overview dengan file berukuran 2,28 MB. Selanjutnya, Anda harus online untuk menyelesaikan proses instalasinya.
Lalu solusi yang kedua adalah dengan tidak menyertakan folder/direktori yang berisi gambar gambar yang akan di edit menggunakan oleh Windows Photo Gallery di dalam sreach indexer. Karena sepertinya ada semacam konflik yang terjadi ketika sreach indexer mencoba mengakses sebauh gambar, saat sedang di buka di Windows Photo Gallery.

GUI yang Menguras Peforma
Masalah
Sudah tidak bisa di debat lagi bahwa GUI (Graphical User Interface) yang di sajikan vista sangatlah menawan. Mulai dari Aero, Sidebar, hingga Dreamscene yang bisa menyajikan wallpaper dekstop dalam bentuk animasi.
Di balik keindahan itu , tentu saja ada yang harus di bayar, yaitu peforma yang menurun. Apalagi buat komputer yang berspesifikasi minimum untuk Vista. Tapi komputer dengan spesifikasi di atas rata rata untuk vista, silakan saja menikmati seluruh keindahan Vista tanpa harus mengkhawatirkan penurunan peforma.
Solusi
Solusi yang di tawarkan adalah tentu saja mematikan ketiga fitur tersebut. Untuk Sidebar,anda dapat melakukan langkah berikut ini :
1. Buka control panel lalu pilih Windows sidebar propertis.
2. Hilangkan tanda centang pada start Sidebar When Windows Starts.
Sedangkan untuk menonaktifkan Aero dengan jendela transparannya, ikuti langkah berikut :
1. Klik kanan are kosong di dekstop lalu pilih Personalize
2. Pilih Window Color and Appearance. Lalu klik open cassic appearance propertis for more color options.
3. Selanjutnya di kolom scheme, pilih Windows vista basic atau windows standard,jika anda ingin vista anda terlihat seperti windows 98. Klik OK

Masalah Anda Tidak Dibahas?
Setelah membaca semua masalah dan solusi yang di berikan,pasti nanti ada yang berujar: “kok, Masalah Vista saya tdk di bahas ya?”
Hal ini di karenakan spesifikasi dan kondisi yang berbeda – beda pada setiap komputer. Dan pengetahuan saya tentang ilmu komputer belumlah sempurna,,di karenakan saya baru berusia 15 tahun yang bersekolah di salah satu SMK yang ada di daerah Jakarta Timur yang mengambil jurusan TKJ(teknik komputer dan jaringan)..
Semua yang di bahas ini adalah yang sering muncul,,
Jika anda ingin terbebas dari masalah,walaupun tidak total,,anda bisa melakukan hal berikut ini :
· Format ulang Hardiks anda,install Vista, dan kemudian install Sp1-nya.
· Instal update yang biasanya di berikan Microsoft setiap bulannya.
· Kadang masalah yang muncul di sebabkan jetidaktahuan pengguna atau perilaku pengguna yang kurang peduli.Contohnya saja,menggunakan Driver yang masih dalam tahap uji coba, meng-overlclock secara berlebihan,menggunakan software yang tidak jelas, atau men-tweaking sesuatu tanpa panduan yang akurat
Informasi lebih lanjut dan lengkap :
· Baca tabloid PC-Mild edisi 22/2008..13-26 November 2008
kesimpulan :
Microsoft adalah vendor ternama di dunia,,tapi walaupun begitu tidak berarti masalah tidakkan ada yang muncul dari produk yang di buatnya,,
Memang manusia di dunia ini tidak ada yang sempurna untuk menciptakan sesuatu,,kecuali apa yang di kehendaki oleh Allah SWT,,mungkin menurut orang hal – hal di atas merupakan kesalahan yang terbesar yang di buat oleh Microsoft..Tetapi menurut Microsoft itu hal yang biasa,,jika Windows Vista di indonesia kurang diminati karena hal tersebut..Tetapi saya yakin Microsoft tidak akan kehilangan konsumen..karna di negara-negara lain terutama negara – negara besar,,setiap perkantorannya dan pemerintahannya sudah memakai Windows Vista (Dok.Sonyericsson Xperia X-1)..dan ternyata tidak ada masalah serius yang muncul..
Tapi menurut saya Windows Vista adalah terobosan Muktakhir untuk saat ini..dan lebih canggih dari OS yang ada..Bisa membuat mata dan pikiran tidak akan bosan untuk melihat keindahan tampilannya yang menawan.
Jadi jika anda ingin membeli Windows vista, jangan ragu untuk membelinya..saya siap membantu sebisa saya..buka saja Blog saya dan praktekkan apa yang ada..
Artikel ini di tulis oleh: Anggi Yulianto menggunakan Ms.Office Word 2007 yang menggunakan Windows Vista Home Premium.
Saya tunggu kritik dan komentar anda..
SonyEricsson Corporation : anggi_tkj2008@yahoo.co.id
Microsoft Corporation : anggi_tkj2008@yahoo.co.id
Windows Live messenger : anggi_tkj2008@yahoo.co.id
Yahoo Messenger : anggi_tkj2008@yahoo.co.id
Wass.Wr.Wb

0 Komentar

Posting Komentar

Back To Top