Minggu, 23 Februari 2014

Udah yakin Sama Antivirus Kesayangan Anda??? Yuk tes..

Dulu saya pernah nulis di catatan Facebook tentang Antivirus terbaik sekitar tahun 2010/2011, sudah lama saya fakum untuk menulis karena kehilangan hidayah :p

Alhamdulillah hidayah itu muncu kembali..haha. sampai sekarang banyak yang meminta "nggi nulis lagi dong" "nggi antivirus terbaik tahun ini apa ya?" "nggi bla bla bla" haha
dalam tulisan saya dulu, saya melakukan beberapa pengetesan ke 7 antivirus yang ada, beberapa pengetesan diantaranya, kecepatan, ketepatan, management memory, resource Hardware yg dibutuhkan dll.


Sekarang saya akan kasih tau salah satu cara mudah untuk mengetes antivirus kesayangan Anda.. :)
Tes ini dilakukan Untuk Mengetahui seberapa Cepat dan tepat Antivirus Anda melakukan eksekusi Script yang akan kita buat nanti.

Namun, gausah khawatir karena virus yang akan kita buat adalah file virus yang tidak berbahaya yang biasanya disebut virus pasif, yang jika meskipun nantinya script virus ini tidak terdeteksi oleh antivirus yang ada di komputer sobat, virus ini tidak akan merusak atau menginfeksi file file penting komputer sobat. karena tujuan dari virus ini hanyalah mengetes aktiv/ tidaknya kerja antivirus sobat. kita akan membuat virus ini menggunakan notepad.

Virus Test ini dibuat oleh komunitas resmi yang dinamakan EICAR (European Institute for Computer Anti-Virus Research) dan situs resminya bisa dikunjungi di http://eicar.org .

oke kita langsung Praktek untuk pembuatan virusnya


  1. Buka Notepad (Win key + R) pada saat keluar Run, ketikkan Notepad kemudian Enter
  2. Setelah Notepad Terbuka Copy kode ini :  X5O!P%@AP[4\PZX54(P^)7CC)7}$EICAR-STANDARD-ANTIVIRUS-TEST-FILE!$H+H*
  3. lalu simpan (Ctrl+s) simpan dengan dengan nama Eicar.com (save as type All Files)
  4. setelah file ini disimpan, seharusnya antivirus yang kuat sudah bsa langsung mendeteksi file ini. bisa berupa action, notivikasi atau pesan arlet yang muncul dan mengkonfirmasi bbahwa virus buatan itu telah dibersihkan, diblokir, dihapus atau di karantina. atau menanyakan dulu aksi apa yang akan anda lakukan untuk file virus ini. 
Setelah saya menyimpan file virus ini, di komputer saya langsung mengeluarkan notifikasi bahwa ada virus dan virus langsung dibersihkan. 


disini saya menyimpan file tersebut menggunakan extensi biasa yaitu .txt tetapi antivirus saya masih tetap bisa mengenalinya. saya menggunakan windows 8.1 dan antivirus bawaan yaitu Windows Defender

kemudian file .txt tadi saya buka kembali, dan ini hasilnya :


file .txt tersebut sudah tidak bisa dibuka/diakses, kemudian saya mengakali untuk membukanya..dan hasilnya file .txt tersebut kosong.

 Respon setiap antivirus berbeda beda dan itu akan menentukan tingkat kehandalan antivirus yang sobat pakai, adapun tingkatannya yaitu :
  • Antivirus Advanced akan memblok proses write/save file ini walau dengan extensi apapun (bahkan .txt) jadi antivirus akan mengusirnya sebelum file mampir di komputer sobat.
  • Antivirus Good akan memperingatkan user bahwa ada file virus dikomputer, dan akan mengkarantina file virus buatan tadi.
  • Antivirus average akan menolak eksekusi file ini ketika kita double klik.
  • Antivirus bad akan permissive (tidak terdeteksi) pada file ini ketika file virus buatan ini dieksekusi. sehingga teks "EICAR-STANDARD-ANTIVIRUS-TEST-FILE" akan muncul di layar monitor anda.
dari pengetesan diatas diketahui bahwa antivirus yang saya pakai termasuk cepat dan termasuk Advanced Antivirus, untuk mengeksekusi si virus buatan tadi..gimana dengan Antivirus sobat? 

yuk coba.. :)

Salam 

Anggi Yulianto

3 Komentar Udah yakin Sama Antivirus Kesayangan Anda??? Yuk tes..

  1. wih nice banget sob caranya, kreatif deh... perlu di coba nih.. terima kasih atas ilmunya... ^^

    BalasHapus

Back To Top