Senin, 03 Februari 2014

Mencari File Office Yang Lupa Tersimpan


Pernahkah saat selesai mengetik dengan Microsoft Office Word kamu lupa menyimpannya? Atau lupa di mana menyimpannya? Tentu kesal sekali, apalagi jika file tersebut sangat penting dan sudah capek ngetiknya.

Bisakah file ketikan itu ditemukan lagi? Seharusnya bisa, karena Microsoft Office sudah merancang Auto Recovery pada aplikasinya. Bagaimana jika tidak? Begini, coba saja tips berikut, bukankah mencoba lebih baik dari pada tidak sama sekali?

Ada 2 jenis kasus: pertama, lupa tempat menyimpan (direktori) dan kedua, lupa menyimpan (save). 

Kita mulai dari kasus pertama: lupa tempat menyimpan.
Jika lupa tempat menyimpan berarti file tersebut sudah di save, mungkin karena terburu-buru tidak terperhatikan dimana tempat penyimpanannya. Untuk menemukannya ada 2 cara:
  1. Klik Logo Windows atau Start, lihat: My Recent Documents. Biasanya disana terdapat file-file yang baru saja kita akses/buka. Siapa tau ketikan kamu tadi ada dalam list. Jika ada cukup Open dan Save ulang.
  2. Buka program Microsoft Office apakah itu Word, Excel, P.Point (tergantung jenis file yang mau dicari). Klik logo Microsoft Office, biasanya file yang habis dibuka terdaftar pada list Recent Document. Jika ada klik Opendan Save ulang.
Beralih ke kasus yang kedua: lupa menyimpan.
Lupa menyimpan bisa diakibatkan berbagai hal seperti; mati lampu, komputer hang dan sebagainya. Untuk menemukannya ikuti cara-cara berikut ini:
  1. Lakukan cara yang sama dengan 2 langkah pada kasus pertama. Biasanya, MS.Office akan otomatis merecovery alias save otomatis pekerjaan kita (defaultnya tiap 10 menit). Semoga saat kamu membuka programnya (Microsoft Office), recovery-nya ditampilkan (biasanya disebelah kiri). Jika ada klik Open dan Save as.
  2. Jika cara di atas gagal maka bersiaplah karena kemungkinan file kamu selamat hanya 50%. Sekarang buka jendela explorer (My Computer). KlikTools>Folder Option>View>Show hidden files>OK. Kemudian bukalahC:\ Documents and Settings\\Application Data\Microsoft\Word atau C:\ Documents and Settings\\Local Settings\Temp. Biasanya secara defaultrecovery dan temporary file disimpan di folder tersebut. Temporary file biasanya ditulis dengan gaya seperti ini: ~wrdxxxx.tmp. Jika kamu ingin membuka, klik kanan, propeties, bukalah dengan notepad agar tidak crash dan file "hangus".
  3. Jika masih tidak ketemu itu file .tmp, lakukan langkah berikut. Ini cara terakhir, buka Search (klik gambar kaca pembesar) pada jendela explorer. Pilih All files and folders. Ketikan .tmp pada kedua kolom isian. Pada kolom Look in: ubah jadi My Computer. Lalu klik Search. Jika ketemu cara membukanya sama dengan langkah ke 2.
Contoh penampakan temporary file MS Word

Jika pada akhirnya file tersebut gagal ditemukan atau diselamatkan jangan pasrah dulu, mungkin kamu harus mencari jalan keluar lain di Mbah Google

Ada tips dari saya, sebaiknya setting tempat penyimpanan file Auto Recoverypada folder khusus agar tidak sulit mencarinya jika suatu saat kejadian lagi. Caranya, buka program MS Word, klik logo MS Office, klik Word Option, klik Save. Di sana kamu bisa men-setting lama waktu proses Auto Recovery dan Folder penyimpanannya. Ingat, file tersebut biasanya di hidden. Dan ingat, cara ini tak berlaku untuk MS Excel. Tips selanjutnya, saat tiap bekerja/mengetik, save aslah terlebih dahulu ketikannya dan biasakan menekan Ctrl+S (save) dalam jangka waktu tertentu. Mungkin cara ini bisa disebut Manual Recovery, hehehehe...

Untuk menambah referensi kamu bisa merujuk pada blog berikut yang juga membahas topik yang sama: klik.  Dan ini sedikit penjelasan tentang proses recovery file pada Microsoft Officeklik. 

Selamat mencoba. Semoga bermanfaat.

0 Komentar Mencari File Office Yang Lupa Tersimpan

Posting Komentar

Back To Top