Rabu, 22 Januari 2014

Word Processor?? Apasih??


SEJARAH WORD PROCESSOR



Hari Permulaan dan MicroPro
1976-1977
Rubenstein meninggalkan IMSAI dengan $8.500 dalam bentuk tunai untuk membuat perusahaannya sendiri. Perusahaan tersebut diberi nama MicroPro International Inc. Rubenstein memperoleh data dari DataPro bahwa pada zaman tersebut perkembangan sedang mengarah Komputer untuk word processor beserta softwarenya. Atas data tersebut Rubenstein memutuskan bahwa MicroPro akan bekerja dibidang word processor untuk CP/M (Control Program/Monitor Atau Control Program for MicroComputer). Yang tidak mengikat pada spesifikasi dari suatu hardware computer.
Rubenstein mengajak Barnaby untuk bergabung di MicroPro untuk menulis serta mensortir program. Dalam beberapa bulan Barnaby telah menyelesaikan menulis 2 program dalam assembler. Yaitu WordMaster (1976) dan SuperSort (1977). Kedua program tersebut bekerja di system operasi CP/M. WordMaster pada dasarnya mirip dengan NED (New Editor) yaitu untuk editing simple teks tapi tanpa kemampuan untuk format print.
WordMaster dengan format program dsebut Tex. Saat WordStar pertama kali diperkenalkan di West Coast Computer Faire di Broks Hall, San Fransisco. SuperSort hanya dijual terbatas karena pengguna CP/M belum siap untuk data processor

Pendiri MicroPro

1978
Suatu waktu Barnaby mendapati anggota baru bernama Jim Fox yang membantu melengkapi kode pertama dan menulis installer WordStar versi 1 untuk CP/M yang dirilis September 1978 Barnaby dan Fox melanjutkan kerja mereka dan mencapai puncaknya pada saat merilis WordStar versi 2.
Suatu saat MicroPro menjual WordStar lengkap melalui Millard Computerland . Hasil penjualan WordStar tersebut mencapai angka 0.5 juta $ per bulan
1979-1980
Barnaby telah bekerja lama dan membuat dia stress. Dia berhenti bekerja di bagian progaming dan beralih menjadi penasihat. Langkah pertama sebagai penasihat adalah dia mengambil liburan panjang di bulan Oktober 1979. 4 bulan kemudian Rubenstein menanyakan Barnaby untuk kembali bekerja tetapi Barnaby masih lebih menyukai liburan. Dari saat itu tiap bulan Rubenstein bertanya hal yang sama pada Barnaby dan mendapat jawaban yang sama pula. Sehingga Maret 1980 MicroPro memecat Barnaby
1981
Tahun 1981 Adam Osborne memperkenalkan Osborne komputer. Komputer ini portable dan dihargai $1.500. Harga tersebut sudah termasuk program WordStar dan SuperCalc. Komputer ini sangat sukses dipasaran. Hal ini dibuktikan dengan hasil penjualan yang mencapai lebih 10.000 unit terjual tiap bulannya. Ini juga merupakan kemajuan yang besar bagi WordStar dan membantu WordStar terkenal dipasaran

Paket Penjualan WordStar

1982
Suatu malam Jim Fox menambahkan WordStar versi CP/M-86 untuk bekerja pada MS-DOS di computer IBM jadi bisa dipertunjukan kepada Rubenstein. Tetapi sebenarnya hal ini telah diselesaikan oleh grup programmer irish menggunakan Intel development system, yang bekerja pada ISIS II operasi system. Software selesai dibuat pada floppy 8“ dan file binernya sudah ditransfer ke computer IBM via serial kabel
1983
September 1983 NewStar dirilis ini adalah word processor, yang disebut NewWord. Program terdiri atas WordStar dan MailMerge.
1984
Agustus 1984 versi kedua telah dirilis dan banyak fungsi baru ditambahkan. Seperti laser support, pemeriksaan pengejaan dan un-erase. Banyak pengguna Wordstar berpindah ke NewWord versi 2
1985
MicroPro Easy diperbarui dan merilis MicroPro Easy Extra 1.5 di bulan agustus 1985.

Tampilan WordStar

1986
NewWord versi 3 dilepas dan versi terakhir dari NewWord. Program ini dirilis pada Febuari 1986. Fungsi baru dalam versi ini adalah perbaikan pengejaan, fungsi hitungan, Pemeriksaan pengejaan pada saat mengedit.
1987
Karena Review dari WordStar 2000 Release2 sangat lambat. Doug St.John memutuskan untuk focus pada WordStar 2000 Release 3. Pada WordStar ini Doug St.John menambah kecepatan dari WordStar 2000 sehingga performa Word Star Release 3 jauh diatas WordStar Release 2.
Pada Abad Pertengahan
1988 – 1993
Kegagalan MicroPro Easy dan WordStar 2000 seperti pada umumya terdahulu WordStar asli sukses,yang digembar-gemborkan mulai periode kegelapan untuk MicroPro International. Ini ditandai dengan perubahan dari fokus pada persaingan teknologi dan pemasaran yang cerdas sampai rencana pemasaran jangka panjang. Setelah gagal berkembang dalam kategori perangkat lunak dan kembali gagal berkompetisi melawan saingannya seperti WordPerfect dan naiknya Microsoft Word. MicroPro berkembang menjadi semakin lebih baik selama lima tahun berikutnya,antara tahun 1988-1993,bersaing menemukan cara untuk melanjutkan penjualan WordStar dan WordStar kloning ke pelanggan yang berada di Eropa dan AS.
1988
Awal 1988 perubahan yang tidak bisa dilewatkan begitu saja oleh pengguna grafis yang sedang membuat versi awal Windows dan IBM (Microsoft) menjadi OS/2 (Sistem Operasi 2) dan Manajer Presentasi (OS/2 GUI). Perubahan dari sebuah platform perangkat lunak Disk Operating System berbasis karakter untuk WYSIWYG (Apa Yang Kamu Lihat Adalah Apa Yang Kamu Dapat). Grafis adalah salah satu jalan yang sulit untuk MicroPro,sedangkan sejumlah besar perusahaan perangkat lunak melihat tanda bahaya dan sedang mengembangkan untuk mengantisipasi Windows (sebagai contoh: menguraikan Ami, Pro,dan Word), MicroPro mengambil langkah-langkah dan tetap berlaku dalam persaingan di masa depan perkumpulan pada platform Disk Operating System, dan dugaan bahwa WordStar asli bisa dihidupkan kembali dengan tujuan mengambil kembali penguasaan pasar.

MicroPro Menjadi WordStar Internasional
18 Juni 1989
Sepanjang akhir tahun 1980 MicroPro memerlukan jalan keluar untuk memelihara nama WordStar lini produk. Untuk membantu achieve (perusahaan yang dinamai kembali di bawah kepemimpinan CEO, Gary, Grimm, ketika WordStar Internasional pada Juni 18th 1989).
WordStar 7 Untuk Disk Operating System
WordStar untuk versi Disk Operating System 7 memorinya diperluas dan ditambah beberapa pendukung untuk sebuah tikusan,satu bahasa pemrograman makro,dan kemampuan untuk memindah data dari Microsoft Windows 3. Bagaimanapun itu sudah terlambat. Keterlambatan di dalam menyempurnakan versi-versi awal dan bencana-bencana dari WordStar Easy dan 2000 yang dimaksud bahwa WordPerfect mengambil alih ketika kebanyakan pemroses kata sehari-hari WordStar tersingkir.
Desember 1992
Versi akhir WordStar Disk Operating System,versi 7.0d,dilepaskan di Amerika Utara pada bulan Desember 1992. Negara-negara lain tidak mendapatkan 7.0c yang lama. WordStar Disk Operating System telah hilang penguasaan pasarnya sampai WordPerfect 5,dan dengan pindahnya dari Disk Operating System sampai Microsoft Windows adalah saatnya bangkit.
WordStar Untuk Windows
WordStar Warisan Untuk Windows
Awal 1991
Dalam suatu usaha yang tinggal di dalam pasar,WordStar International diizinkan memroses kata secara hukum dari sebuah perusahaan yang disebut NBI dan diwujudkan sebagai WordStar Warisan di awal 1991. Gagasan untuk mengembangkan sebuah Windows berdasarkan pemroses kata sejak awal mula setelah dianggap tidak praktis. Warisan lebih dari sebuah DTP program dibanding sebuah pemroses kata yang menangkap banyak pemakai WordStar yang diupgrade.
WordStar Untuk Windows 1.0
Oktober 1991
Saat ini NBI menemukan gangguan keuangan mengerikan,saat WordStar Internasional membeli semua hak untuk pemrosesan kata,setelah tawaran kecil dilepaskan pada Oktober 1991 ketika WordStar Windows 1.0. WordStar Internasional telah mengharapkan untuk membeli Ami,ahli dari Samna,suatu pemroses kata sangat baik dan program DTP dibanding warisan NBI,tetapi harganya terlalu tinggi. Ami secepatnya dibeli oleh Lotus pada tahun 1992 dan melepaskan pertama ketika Ami dalam versi-versi,kemudian dikenal sebagai ahli Lotus Word. WordStar untuk Windows sudah terlambat untuk membuat sebuah tanda pada perkembangan persaingan pemroses kata Windows dan pada dasarnya suatu program DTP menjadi tuan rumah versi WordStar Disk Operating System.
WordStar Untuk Windows 1.1
WordStar Internasional dengan cepat memperkenalkan suatu upgrade secara relatif kecil ke WordStar Windows dengan membuat versi 1.1. Upgrade ini disajikan sebagai perbaikan bug temporer melepaskannya sehingga pemakai dapat menggunakan diatas versi 1.5.
WordStar Untuk Windows 1.5
Juni 1992
Wordstar Windows 1.1 pada 23 Juni 1992 adalah versi 1.5. Versi 1.5 digunakan untuk membuat tabel dan ditambahkan untuk OLE,file umum yang baru diperkenalkan,dialog-dialog,dan true type model huruf mendukung dalam Windows Microsoft 3.1.

WordStar Internasional Menjadi SoftKey Internasional
4 Februari 1994
4 Februari 1994 WordStar International menyelesaikan penggabungan dengan dua perusahaan lain : Spinnaker Software Corporation yang khusus menghormati para konsumen perangkat lunak,produktivitas kantor;dan SoftKey Software Products Inc yang mempunyai cakupan besar dari “SERTIFIKAT DEPOSITO”. Perusahaan ini diciptakan melalui suatu kombinasi terbaru tiga korporasi. Pada 4 Februari 1994 perusahaan WordStar Internasional menyelesaikan transaksi penggabungan usaha three-way kombinasi dengan SoftKey produk-produk perangkat lunak Inc. dan Spinnaker Korporasi. Three-way kombinasi dicatat sebagai pooling-of-interests. 4 Februari 1994 berubah nama menjadi SoftKey Internasional Inc. Penggabungan dilakukan ke tiganya karena perjuang perusahaan dengan cara bersaing untuk membentuk kesatuan yang lebih besar dan digunakan SoftKey internasional’s sebagai strategi pemasaran. Untuk memperkuat SoftKey Internasional yang mulai didapatnya,mengambil alih kendali dari beberapa perusahaan multimedia kecil,mendorong ke arah cakupan yang dikombinasikan dari poin di bawah atau atas sekitar 300 judul perangkat lunak.
WordStar Untuk Windows 2.0
1994
WordStar Windows 2.0 di tahun 1994 merupakan pecahan harga dari versi-versi sebelumnya. Bila di tahun 1993 WordStar Windows 2.0 sekitar 90% ,SoftKey International mencoba untuk batalkan pekerjaan lebih lanjut. SoftKey Internasional tidak melihat sendiri pengembang,tetapi sebagai pembeli dari perangkat lunak yang bisa dijual.
“[...kita adalah penerbit perangkat lunak yang kebanyakan dari buku yang anda baca adalah bukan benar-benar ditulis oleh perusahaan. Telah kita temukan programmer terbaik dan menerbitkan perbentengan bebas mereka.]“
Alexander Hoag,SoftKey International
Untuk memberdayakan program untuk diselesaikan,sebanyak 4 pemimpin programmer melakukan pemborosan sukarela dan di awal tahun 1993 dibentuk suatu perkumpulan yang disebut Coyote Software yang menyelesaikan cukup kode di bawah kontrak untuk memberdayakan program untuk dilepaskan. Para programmer ingin melakukan pekerjaan lebih lanjut untuk membereskan yang tidak diurus dan bug-bug kecil di dalam program dan menyatakan menggantikan format file,tetapi tidak ada pekerjaan lebih lanjut yang disponsori oleh SoftKey. Alasan untuk membiarkan pengembangan untuk melanjutkan sampai ke pelepasan telah menjadi penyebab tekanan dari Eropa (bagian dari SoftKey Internasional). WordStar Windows 2.0 menulis kembali warisan kode NBI. WordStar Windows 2.0 yang diperkenalkan’”drag and drop” mengedit bahasa pemrograman makro untuk memanggil perintah-perintah yang ditambahkan untuk mengizinkan interaksi dengan WordStar Windows dan file-file yang sedang diterbitkan. WordStar Windows 2.0 juga menambahkan right-click pop-up konteks menu,bermacam-macam toolbar yang bisa dimasukkan ke dok pada tepi-tepi jendela atau diseret untuk mengizinkan masuk ke dalam jendela,mendukung untuk multi-document,menghubungkan MDI,dan sampai ke 16 dokumen terbuka pada tiap waktu dengan sepenuhnya menggunakan tombol-tombol warna-warni dan cursors khusus. Hasilnya adalah suatu program lebih cepat dan lebih kecil dibanding sebagian besar kompetisi waktu. Mula-mula,SoftKey International telah menyatakan bahwa pengembangan WordStar Windows akan berlanjut. Bagaimanapun perusahaan mengubah perangkat lunak produktivitas yang dimiliki oleh Microsoft Word, WordPerfect Windows dan Lotus Word Pro. SoftKey Internasional melanjutkan penjualan WordStar Windows 2.0 walaupun tidak ada pengembangan kerja lebih lanjut.
WordStar Personal Writer
WordStar Windows 2.0 tersedia dalam beberapa kategori,termasuk WordStar yang disebut WordStar Personal Writer yang disediakan bersama dengan sebuah catatan yang mempunyai Adobe Acrobat sebagai gantinya. Adobe akrobat juga menemukan cara ke beberapa versi WordStar untuk “SERTIFIKAT DEPOSITO” Windows.
WordStar Untuk Versi Windows
WordStar Windows 2.0 adalah bundled dengan PhotoFinish dan KeyCAD melengkapi Windows sebagai perancang lengkap toolkit.
Lisensi-Lisensi WordStar Untuk Windows Kode
1994
Di awal tahun 1994 Corel Corporation memperoleh hak WordStar Windows kode dengan tujuan untuk pemroses kata dari sebuah deretan kantor yang direncanakan. SoftKey Internasional menahan hak untuk megembangkan WordStar Windows bebas dari Corel. Corel mempunyai cara yang hampir sama sebagi kode izin untuk Publishers Paintbrush dan didasarkan Corel PhotoPaint 3 dan XaraStudio diizinkan sesudah itu,perkumpulan Xara didasarkan dari banyaknya Corel.
1995
Rencana Corel adalah untuk menggunakan pengembangan WordStar Windows,di samping spreadsheet program diizinkan,Alpha V database yang mereka punya diizinkan dari Alpha, Software,dan dari deretan kantor biaya rendah. Coyote Software menyelesaikan satu port dari WordStar Windows dari 16-bit sampai 32-bit yang telah siap untuk Windows Microsoft 95 di dalam pengembangan ketika terlihatan masih mempunyai hak-hak untuk menghasilkan kode. Bagaimanapun,warta berita proyek deretan kantor menyakiti hati tentang mutu. Corel mengubah arah memposisikan kembali deretan sebagai produk rekan untuk deretan-deretan lain (dengan Microsoft,WordPerfect,dan Lotus),pelepasan itu pada awal 1995 ketika rekan kantor CD Corel hanya berisi sedikit mineral untuk grafik,sebuah PIM,browser web,dan beberapa judul. WordStar Windows tidak dimasukkan,Corel melaporkan telah mengirimkan 500,000 salinan,tetapi sampai batas tertentu resepsi tidak baik dengan cepat menarik mundur. Corel kemudian rebundled sebagian dari unsur-unsur dari deretan yang dihukum dan mereka dilepaskan di bawah panji home Corel. Waktu itu Corel meninggalkan usahanya untuk bersaing dengan deretan-deretan kantor besar,Novell sedang berjuang dengan usaha sendiri. Mereka tidak memperoleh hasil usaha untuk mengetuk mereka baru-baru ini diperoleh WordPerfect Windows ke dalam form dari bentuk layak,dan diputuskan sampai potong rugi mereka dan kembali melakukan apa yang mereka ketahui tentang networking. Corel mengambil cepat WordPerfect dan minat akhir Corel akan WordStar.
Xoom WordPro
1997
Corel masih mempunyai hak-hak WordStar Windows kode. Bagaimanapun,suatu perkumpulan yang disebut Xoom yang dibentuk oleh sebagian dari ex-SoftKey WordStar. Xoom WordPro dilepaskan di tahun1997 sebagai bagian dari Xoom ” deretan kantor home 97″. Xoom WordPro 16-bit versi WordStar Windows,tetapi dengan Microsoft Word 6 format file dapat dipertukarkan antar pengguna dengan menu-menu yang lebih lekat mempertemukan mereka pada Microsoft Word dan sejumlah perubahan-perubahan kecil lain. Beberapa pelepasan disediakan bersama dengan sebuah program instalasi 32-bit tidak mudah diinstall di Windows 3.1 .Sesungguhnya Xoom WordPro masih pada dasarnya sebuah program Windows 3.1 . Lembatang sebar bagian dari Xoom Deretan kantor home’ 97 juga datang dari Corel. Keseluruhan deretan tersedia untuk didownload cuma-cuma dari internat dan juga dibuka rahasia ketika shareware tutup menjulang CD di Oktober 1997 isu dari Majalah jawab PC.
SoftKey Internasional Menjadi The Learning Company (TLC)
Desember 1995
Pengadaan perusahaan multimedia kecil,SoftKey International mencari area-area lain untuk melakukan perluasan. Mencakup produktivitas kantor anggaran,acuan,dan multimedia. Perusahaan telah mencoba untuk menerobos ,tetapi gagal. Maka ketika spesialis perangkat lunak bidang pendidikan Broderbund mengumumkan bahwa ingin menggabungkan TLC. SoftKey Internasional melihat kesempatan untuk mendapatkan pasar. SoftKey Internasional meluncurkan penawaran untuk TLC,memperoleh Compton NewMedia dalam proses. TLC menyetujui untuk semua penawaran tunai dari $ 606 juta dan memulai siaran 7 Desember 1995.
Oktober 1996
SoftKey Internasional memerlukan suatu perubahan gambaran dari penyalur perangkat lunak bermutu rendah pasar yang menurun. Para pemimpin pada Oktober 1996,perusahaan yang mengubah namanya menjadi TLC. Ini akan mencerminkan berkembangnya penekanan di perangkat lunak bidang pendidikan. TLC kemudian meneruskan perjalanan ke beberapa perusahaan lain,termasuk Mindscape dan Broderbund pada 21 Juni 1998. Penggabunganlah yang telah membentuk SoftKey Internasional.
1998
TLC mengizinkan WordStar 7.0d untuk menjadi penyedia dari tahun 1998. Ketersediaan diiklankan dalam suatu pertunjukan pada CompuServe WordStar forum. Ini adalah sebuah disk hanya di-set dan tersedia hanya jika berbicara kepada TLC . Jika menghubungi SoftKey Internasional atau TLC dan mencoba memesan WordStar 7,yang diperoleh adalah salah satu yang bukan di dalam katalog,set disk menjalankannya akhir tahun 1999. WordStar Windows 2.0 dapat juga diperoleh dengan cara ketika disk-disk cadangan menjadi jelas. WordStar Windows akhirnya menghilang di Eropa sekitar satu tahun atau setelah menghilang di AS.
Mattel membeli TLC
Desember 1998
Pada Desember 1998 TLC menyetujui penawaran dari Mattel. Mattel ingin memperluas e-commerce karena fitur TLC dapat menyediakannya. Karena kemunduran WordStar,Mattel mempunyai pendekatan reguler dari orang-orang yang mencoba membeli kode. Walaupun Mattel tidak mempunyai tujuan pelepasan ulang WordStar ke dalam suatu pasar yang dikuasai oleh Microsoft, Mattel tidak bisa menjual,karena iizin kerja sampai bagian-bagian dari kode telah berakhir.
Teknologi Gores Membeli TLC
Terlambat 2000
Akhir 2000 TLC dan Mattel dipisahkan dengan TLC yang sudah dibeli oleh Gores Technology.
Teknologi Goresl dan Memisahkan TLC
1 Agustus 2002
1 Agustus 2002 Gores Technology dan TLC dipisahkan. WordStar bergerak dengan perpecahan. Sekarang yang sedang dimiliki oleh perkumpulan orang Irlandia Riverdeep,yang menyerap TLC. Ada beberapa uncertanty seperti pada Gores Technology Group atau Riverdeep (sekarang dimiliki WordStar). Berikut sebagian perpecahan dari kantor-kantor TLC yang ditampung,termasuk WordStar. Berbagai kesulitan tentang penggunaan WordStar telah menjadi compounded oleh perubahan-perubahan yang menambah semua licencing asli .
Trio Yang Berkonsultasi
Walaupun WordStar 7.0d untuk Disk Operating System dan WordStar Windows 2.0 tidak lagi tersedia dari TLC,suatu perkumpulan menghubungi Trio Consulting untuk mengumumkan bahwa masih mempunyai pabrikasi hak-hak untuk versi-versi WordStar hingga versi 4.0 untuk kedua-duanya Disk Operating System dan CP/M.
Kloning-Kloning WordStar
Kesuksesan WordStar pada awal tahun banyak para editor yang menyatukan perintah keyboard yang di-set. Sebagian dari mahluk paling terkemuka VDE,JED,dan JOE. DR-DOS adalah salah satu alternatif sukses sampai MS-DOS Microsoft yang digunakan sejumlah perintah WordStar dalam editor program.
WordStar-isers
Dengan kemunduran WordStar,para pemakai mencoba untuk berpegang pada perintah keyboard WordStar efisien yang di-set ketika mereka bergerak dengan pilihan atau cara lainnya untuk pemroses kata. Usaha ini sudah memimpin sampai sejumlah ‘WordStar-iser muncul untuk kedua-duanya Microsoft WordPerfect dan Windows 5 (Disk Operating System).
Coltronix
1999
Tahun 1999 sebuah perkumpulan menghubungi Coltronix dan memberitahukan bahwa ingin menulis WordStar kloning,Coltronix telah mendekati TLC untuk mencoba membeli WordStar kode dan nama,tetapi ditolak. Coltronix akan menggunakan Borland Delphi buatan dan bahasa pemrograman source program yang tersedia. Mengumpulkan pendapat di WordStar dan pelepasan program pada bulan Desember 1999,tetapi hal itu tidak pernah nampak dan Coltronix sendiri lenyap tanpa jejak.
WordStar Perintah Emulator untuk Word 97/2000/2002 (XP)
Desember 1999
Usaha lain sampai WordStar terlipat untuk perintah Disk Operating System dengan kata lain pemrosesan dihasut di dalam mid-1999. Mikropon Petrie dihubungi melalui WordStar Pos meminta bantuan untuk menjadi salah satu dari WordStar-isers yang bekerja dan menambahkan beberapa perintah ekstra. Jelas bahwa suatu pendekatan akan diperlukan lebih dari perintah-perintah keyboard sehingga program pindah dari segenggam penuh makro dan key-reassignments sampai dengan tertulis secara langsung di dalam VBA.. WordStar Emulator perintah dilepaskan ketika shareware pada bulan Desember 1999 diatas 100 perintah WordStar yang tersedia. Berbagai sekuritas free tax yang dapat disesuaikan permintaan dikeluarkan di awal 2000 dengan menambahkan perintah-perintah ekstra.
WSedit
April 2000
April 2000,Martin Vieregg melepaskan kloning 32-bit dari WordStar 4 yang disebut Wsedit . Program diharapkan untuk OS/2 tetapi segera diikuti oleh Windows 9x, NT,dan 2000. Salah satu versi Linux asli telah direncanakan. Program tidak mendukung pencetakan,program Disk Operating System dari StarExtender yang disebut Vieregg dengan kegunaan pengaturan cetakan. Hal ini berbeda dengan WordMaster, yang tidak punya dukungan pencetakan.



Rangkuman Dan Kesimpulan

Pada awalnya Word Processor bukan berasal dari teknologi computer .Tetapi merupakan evolusi dari kebutuhan penulis yang menggunakan mesin tik. Lalu secara berlahan Word processor berpindah dari mesin tik menjadi mesin computer.

Awal Word Processor adalah tahun 1867 saat Christhoper Latham menemukan mesin tik. Tetapi pada awalnya masih sedikit orang yang mau menggunakan mesin tik. Hal ini yang memnyebabkan terjadinya evolusi pada mesin tik. Tahun 1878 ditemukannya tombol shift pada mesin tik. Perkembangan mesin pun terus berlanjut dengan ditemukannya mesin tik listrik oleh Thomas Alva Edison Tahun 1872. Mesin tik terus berkembang hingga akhir tahun 1940an.

Pada beberapa tahun kemudian kurang lebih tahun 1950an di temukannya computer yang dapat melakukan Word Process. Mesin ini ditemukan oleh Ulrich Steinhilper mekanik dari IBM. Tahun 1969 IBM mengeluarkan Mag Cards. Mag Cards ini berfungsi untuk menyimpan tulisan . Sehingga tulisan tersebut bisa dipanggil lagi. Kelemahan Mag Cards adalah hanya dapat menyimpan 1 halaman dokumen saja. Bila ingin menyimpan lebih banyak harus menggunakan Mag Cards yang lain. 1970 ditemukannya flopy disk yang dapat menyimpan data sebnayak 80 hingga 100 halaman dan bisa juga digunakan untuk menyimpan program.

Baru pada tahun 1987 ditemukan program untuk pengejaan kata dan cek surat. System ini diberi nama Star Information System. Baru beberapa tahun kedepan banyak program beredar untuk word processor. Seperti WordStar yang di terbitkan oleh micropro. Microsoft Word oleh Microsoft.

Sumber : Dari Berbagai Sumber..:D

0 Komentar Word Processor?? Apasih??

Posting Komentar

Back To Top