Minggu, 21 Juni 2015

Mata Tuhan Fast & Furious 7 Beneran ada, Masa Sih??

Sebelum kita bahas tentang Fast & Furious 7, Mungkin Sebaiknya kita kenalan dulu sama yang namanya Gird Computing yaa..

apasih Gird Computing? 
Menurut Wikipedia "Gird Computing adalah penggunaan sumber daya yang melibatkan banyak komputer yang terdistribusi dan terpisah secara geografis untuk memecahkan persoalan komputasi dalam skala besar."

yap dari definisi diatas sudah diketahui, jadi 1 komputer tidak bisa disebut dengan Gird Computing (untuk saat ini) walaupun pernyataan ini bertentangan dengan Hukum Moore yang menyatakan

 "tingkat pertumbuhan kecepatan mikroprosesor bahwa pertumbuhan kecepatan perhitungan mikroprosesor mengikuti rumusan eksponensial. "
"kompleksitas sebuah mikroprosesor akan meningkat dua kali lipat tiap 18 bulan sekali"

Loh dari pernyataan Hukum Moore diatas, pertumbuhan kecepatan mikroprocessor meningkat dua kali lipat setiap 18 bulan sekali, lalu kenapa grid komputing masih memerlukan banyak komputer?

nah itu pertanytaan bagus, inshaaAllah akan saya bahas itu disini sesuai dengan apa yang saya mengerti.

Sebelumnya Coba kita lihat gambaran sederhana ini : 


kita lihat dari User yang akan menggunakan Gird Computing melalui Gird Aplication (GA), Selanjutnya Services yang diminta User akan dimanage oleh Gird Manager (GM), kemudian Gird Manager Memberi Tugas Kepada Gird Excecutors(GE) untuk melakukan apa yang diminta oleh user yang sebelumnya sudah di Manage oleh GM

itu gambaran sederhananya saja, sudah pusing? haha Mending sekarang kita bahas Mata Tuhan yang ada di FF7


Grid computing dibangun dengan cara menggabungkan seluruh sistem komputasi grid yang ada di institusi-institusi  menjadi sebuah kesatuan

ya seperti yang kita ketahui di film Fast & Furious 7 menceritakan tentang adanya teknologi bernama Good Eye atau mata tuhan. Lalu apa hubungannya dengan gird computing?

ya bedasar pengertian diatas, mata tuhan menggabungkan institusi-institusi menjadi satu kesatuan yaitu alat dan software bernama Good Eye, dalam cerita tersebut "Mata Tuhan" ini merupakan sebuah program pengintaian digital yang mempergunakan semua alat sebagai institusinya, mulai dari CCTV, Kamera , Microfon, bahkan Percakapan Telpon yang ada di seluruh muka bumi, untuk melacak keberadaan seseorang. 

Institusi seperti Kamera, Microfon , CCTV dan percakapan telpon merupakan Gird Excecutor (GE), Sedangkan alat yang disebut Mata Tuhan itu adalah Gird Manager (GM) dan software di dalam alat Mata Tuhan itu adalah Gird Application (GA).

ya sudah terbayang bagaimana gird komputing bekerja? kurag lebih seperti itu.

Mungkin Jika teknologi itu benar benar ada, Rasanya tidak ada lagi ruang privasi karena keberadaan kita dapat terlacak kapan dan di manapun. Semakin mengerikan lagi bila sampai teknologi ini disalahgunakan oleh orang atau pihak yang tidak bertanggung jawab.

mungkin sebagian dari kita akan bereaksi tidak perlu sebegitu takut karena hal tersebut hanya sekadar film. Tapi pada kenyataannya, ‘Mata Tuhan’ bisa benar-benar ada. Mungkin bukan sekarang, tapi di masa depan bisa saja tercipta program sejenis. Asumsi tersebut bukan tanpa dasar, tapi bila dirunut dari perkembangan teknologi pengintai sekarang ini, dan pastinya tidak akan saya bahas disini. (mungkin di post selanjutnya) :D

Grid computing memang merupakan sebuah aplikasi "pengembangan" dari jaringan komputer (network).
Tapi..
tidak seperti jaringan komputer yang kebanyakan kita kenal, jaringan komputer yang kita kenal ini masih sebatas untuk mensharing data dan internet dan mungkin ada beberapa hal lainnya yang digunakan untuk beberapa kegiatan.

sedangkan aplikasi pada grid computing dirancang untuk memanfaatkan sumber daya pada terminal dalam jaringannya. Grid computing biasanya diterapkan untuk menjalankan sebuah fungsi yang terlalu kompleks atau terlalu intensif untuk dikerjakan oleh satu sistem pusat.

Secara singkat, grid computing berarti menyatukan seluruh sumberdaya TI ke dalam sekumpulan layanan yang bisa digunakan secara bersama-sama untuk memenuhi kebutuhan komputing perusahaan. Infrastruktur grid computing secara kontinyu menganalisa permintaan terhadap sumberdaya dan mengatur suplai untuk disesuaikan terhadap permintaan tersebut. Dimana data disimpan atau computer mana yang memproses permintaan. 

Dan Contoh Paling sederhana adalah Aplikasi Ramalan Cuaca Dunia, Gird Executor tersebar di setiap daerah dan melaporkan secara realtime kondisi cuaca saat itu kepada Gird Manager yang nantinya GM yang akan menginformasikan ramalan cuaca kepada User.

Sebenarnya di Indonesia pun sudah memakai teknologi Gird Computing ini di Badan Meteorologi dan Geofisika untuk ramalan cuacanya, itupun masih terus dikembangkan

Eagle Eye

masih banyak contoh film bagus seperti film Eagle eye yang menggunakan konsep Gird Computing, namun karena keterbatasan waktu dan waktu sudah menunjukkan Solat Zuhur, saya mohon maaf tidak dapat mereview juga film ini sekarang.

Sekian yang bisa saya tulis sesuai dengan apa yang saya ketahui tentang Gird Computing. 

Semoga Bermanfaat, 

Selamat Berpuasa, dan Semoga dengan membaca tulisan ini pengetahuan kita bertambah dan menjadi amalan untuk kita nantinya. Amin

Salam, Anggi yulianto

Tulisan ini saya buat untuk memenuhi tugas Softskill Pengantar komputasi Modern mengenai Gird Computing

NPM              : 50411893

Nama            : Anggi Yulianto

Kelas             : 4IA25

Sumber Referensi :
http://www.blognazcules.com/2013/04/GridComputing.html
http://www.robotekgurus.com/kecanggihan-teknologi-spionase-mata-tuhan-furious-7-yang-menakutkan/
http://www.beritaterbaru.co.id/2015/04/16/02/13/mata-tuhan-di-fast-furious-7-bisa-dibuat-asal/
https://id.wikipedia.org/wiki/Komputasi_grid

0 Komentar Mata Tuhan Fast & Furious 7 Beneran ada, Masa Sih??

Posting Komentar

Back To Top