Minggu, 26 Januari 2014

Menampilkan Fungsi Hibernate Di Windows 8 / 8.1

Kali ini saya akan memberikan Tips n Trik untuk menampilkan Funngsi Hibernate di Windows 8 / 8.1,
Apa sih Hibernate?
hemm..ada yang tau hibernasi?
Nah itu dia jawabannya, Hibernate di windows digunakan untuk Menyimpan seluruh proses ke hardisk agar laptop dapat dimatikan tetapi kita dapat melanjutkan aktifitas yang kita lakukan sebelumnya pada saat kita menghidupkan komputer kembali,ini berbeda dengan sleep, biasanya kebanyakan orang menggunakan fitur ini bertujuan untuk meninggalkan komputer/laptop dalam waktu yang lama. biasanya proses penghidupan komputer setelah Hibernate disebut Resuming Booting.
Sebenarnya fungsi Hibernate ini sudah ada pada zaman windows XP,Vista dan 7, entah kenapa fitur ini disembunyikan. nanti kita akan bahas

pertama buka Power Option Pada Control Panel atau klik bagian bawah taskbar pada logo battre

kemudian setellah terbuka Power Options, Pilih "Choose what closing the lid does"





Selanjutnya setelah terbuka System Setting kita checklist pada bagian Hibernate di menu Shutdown Setting,
jika menu shutdown setting tersebut masih buram dan tidak dapat di checklist, maka klik dulu pada bagian "Change setting are currently unvailable" barulah bagian hibernate bisa di checklist. selanjutnya klik button Save Changes pada bagian paling bawah.


Jika step diatas dilakukan dengan benar, maka Muncullah menu hibernate pada saat kita akan melakukan prosedur Shut Down.


Jika Sudah Muncul pilihan Hibernate seperti Pada contoh gambar diatas, berarti kita sudah berhasil menampilkan Menu Plihan Hibernate Pada Windows 8 atau Windows 8.1 

Demikian sedikit Tutorial cara menampilkan Tombol Hibernate pada Windows 8 dan Windows 8.1, Jika ada pertanyaan, Sobat bisa tinggalkan pesan melalui kotak komentar dibawah ini. Terimakasih dan semoga bermanfaat. Salam 


Anggi Yulianto


6 Komentar Menampilkan Fungsi Hibernate Di Windows 8 / 8.1

  1. gan kalo memunculkan sleepnya gimana ya? punyaku sleep nya gag ada

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf baru balas, saya sudah lama ngga ngeblog..hehe
      kalau tidak ada sleep biasannya driver VGA/Video Adapter nya blum terinstal. coba instal terlebih dahulu drivernya

      Hapus
  2. Jadi apa bedanya hibernate sama sleep min?

    BalasHapus
    Balasan
    1. perbedaannya adalah kalau Hibernate di windows digunakan untuk Menyimpan seluruh proses ke hardisk agar laptop dapat dimatikan tetapi kita dapat melanjutkan aktifitas yang kita lakukan sebelumnya,

      dan kalau sleep, itu hanya mem-pause beberapa proses yang sedang berjalan dengan tujuan komputer dapat digunakan sewaktu2 dengan cepat, karena proses sleep tidak sampai mematikan daya komputer tapi hanya memerintahkan komputer ke mode standby, dan biasanya sleep ini mengurangi konsumsi daya hingga 70%.

      jadi daripada kita tinggal laptop kita dalam keadaan menyala, lebih baik jika kita tinggal dalam waktu yang aga lama tidak ada salahnya kita menggunakan fitur sleep.
      dan jika kita ingin meninggalkan komputer dalam waktu yg sangat lama tapi tidak ingin aktifitas yg kita lakukan itu hilang kita tinggal gunakan saja fitur hibernate :)

      semoga membantu.

      Hapus

Back To Top