Selasa, 28 Januari 2014

Dimana sih Serial Number Windows 8?? Ini Jawabannya


suatu malam teman main kerumah, seperti biasa sepulang kerja memang dia biasanya mampir buat konsultasi, maklum baru diangkat jadi Leader di Pt penjualan Laptop. Mungkin dia nggak mau kesaing pinter sama bawahannya kali ya :v

yang lagi hangat di bicarakan pada saat itu adalah windows 8, ya windows 8.. tapi sih sekarang udah biasa tuh, kan udah ada windows 8.1.. haha

langsung aja. sebenarnya banyak sekali yang ditanyakan teman saya itu tentang windows 8, tapi untuk kali ini saya membahas tentang Serial Number windows 8 :)
tau serial number kan?

iyaa yang itu tu..haha. ada beberapa kasus pada saat membeli laptop baru dengan bundling windows 8 asli.
yg ditanyakan adalah "nggi kalo tempelan serial number windows 8 yang biasanya dibawah laptop itu kekelupas terus ilang gimana ya?" ntar kalo gw pengen instal ulang yang asli itu lagi gimana dong?

hemm -_- bukan cuma windows 8 aja, untuk pelajaran aja. lain kali kalo beli OS windows 7 dan sebagainya, biasakan catet serial numbernya, atau lebih bagus backup systemya. biasanya pada saat awal pembelian laptop building, pasti setiap vendor memfasilitasi aplikasi backup bawaannya, jadi suatu saat kita tinggal merestore dari hasil backup tersebut. dan biasanya backup tersebut sudah mencakup keseluruhannya, seperti Driver dan aplikasi bawaan vendor. kita tidak akan membahas backup itu di post ini. mungkin nanti :p
back to topik--->

sekarang bagi kita yang akan membeli atau sudah memiliki laptop dengan windows 8, tidak perlu repot repot lagi melakukan hal diatas, karena microsoft telah melakukan inovasi baru dengan memasukkan serial number windows 8 tersebut kedalam "Bios" yang sekarang disebut bios "UEFI".

loh? kok bisa emang tujuannya apa?

bisa lah masa engga -_- :p, salahsatu tujuannya itu ya tentang kasus diatas  jadi nanti lo ga perlu repot nyari SN pada saat instal ulang windows 8 lo pada saat terjadi crash dengan cara melakukan fresh restore.

 sebenarnya tujuan utama microsoft melakukan hal tersebut adalah alasan "keamanan", 

keamanan apa?

karena banyaknya pembajakan terhadap OS buatan Microsoft, maka terciptalah sebuah inovasi baru yang mungkin agag dibenci oleh sebagian orang.
jadi mungkin itulah alasan utamanya, microsoft tidak mau produknya nanti(dengan building merk tertentu)  dengan bebas melakukan instal ulang,
intinya jika laptop kita tertanam Bios UEFI tersebut  kita tidak bisa menginstal laptop kita dengan OS lainnya (tapi sekarang sudah ada yg berhasil), atau bahkan menginstal OS windows sendiri tanpa membeli Licensinya.

contoh 1, saya memiliki windows 8 terbaru, saya tidak dapat dual boot (2 atau lebih OS dalam 1 laptop/komputer) dengan linux. Karena proses instalasi linux memerluka konfigurasi Bios untuk Firs Boot , alokasi Hdd dan lain sebagainya. 

Contoh 2,  saya memiliki windows 8 terbaru, saya tidak bisa menginstalasi windows 9 nantinya dengan file iso, karena menginstal manual dengan file iso, baik melalui windows atau Bios sama sama memerlukan alokasi Hdd untuk Instalasi. jadi mau tidak mau saya harus membeli lisensi windows 9, mungkin itu dari situs resmi Microsoft atau membeli lisensi di outlet2 yg menjual windows 9 kemudian mengaktifasi lisensi tersebut via online, kemudian melakukan proses upgrade melalui windows 8 dengan cara mendownload via Store (seperti windows 8.1)

Windows 8 yang dirilis 2012 lalu mungkin adalah OS pertama yang memanfaatkan UEFI secara total melalui fitur restore, refresh, secure boot, dan beberapa fitur lainnya.

dan BIOS UEFI dikembangkan oleh beberapa vendor termasuk vendor-vendor ternama, dan yang saya tau beberapa laptop dengan bios UEFI sudah bisa di bobol untuk melakukan Dual OS.

ini gambaran singkat tentang Bios UEFI terbaru, dan contoh yang saya tulis merupakan asumsi saya saja. karena saya belum tahu pasti rencana kedepannya microsoft melakukan penjualan OSnya dengan bios UEFI tersebut.


Salam
Anggi Yulianto




6 Komentar Dimana sih Serial Number Windows 8?? Ini Jawabannya

  1. Terimakasih sob, sangat membantu sekali tutorialnya..

    BalasHapus
  2. Gan, laptop ane ori windows 8 dan recoverynya ada di hdd, saat ini hddnya rusak dan ane gak pny backupan windows + serialnya, ada caranya gak buat instal ulang atau mengetahui serial number windowsnya biar kembali ori? dari pada beli windows lagi mahall..

    BalasHapus
  3. Gan, laptop ane ori windows 8 dan recoverynya ada di hdd, saat ini hddnya rusak dan ane gak pny backupan windows + serialnya, ada caranya gak buat instal ulang atau mengetahui serial number windowsnya biar kembali ori? dari pada beli windows lagi mahall..

    BalasHapus
  4. Itu dia kekurangannya, Windows original meregistrasi serial number hardisk ke dalam sistem registrasi nya gan. Jadi disaat hardisk yg rusak biasanya memang tidak bisa di registrasi kembali dengan hardisk yg berbeda

    BalasHapus

Back To Top